Sukses

Patut Dicoba, Ini Tips Hadapi Stres untuk Generasi Milenial

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan perasaan alami ketika seseorang tidak mampu mengatasi tuntutan dan peristiwa tertentu. Faktor penyebab stres bisa dipicu banyak hal. Mulai dari pekerjaan, hubungan, tekanan keuangan, dan situasi lain. Stres bisa menjadi kondisi kronis jika dibiarkan begitu saja.

Stres bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Menurut Asosiasi Psikologi Amerika, kaum milenial diketahui lebih sering mengalami stres dibanding generasi lainnya. Efek stres yang muncul pada tiap orang pun berbeda-beda.

Ada dua penyebab utama generasi milenial mudah stres, yaitu gaya hidup yang kurang sehat dan menggunakan media sosial secara berlebihan. Sebagian besar milenial punya kebiasaan pola tidur yang buruk, seperti begadang.

Kebiasaan tidur yang buruk memicu pola makan yang kurang sehat juga sehingga cepat merasa gelisah, pusing, dan bingung. Kurang tidur juga bisa menghambat produktivitas di esok hari, sehingga sulit menuntaskan pekerjaan, malas, dan merujuk pada stres.

Penggunaan media sosial yang berlebihan juga jadi salah satu faktor pemicu stres generasi milenial. Medsos yang kerap menampilkan gaya hidup mewah, pasangan ideal, maupun kesempurnaan lainnya dapat menyebabkan ilusi kompetisi.

Hal itu menyebabkan seseorang punya standar yang terlalu tinggi untuk diri sendiri dan orang lain. Lantas, bagaimana cara menghadapi stres untuk kaum milenial? Melansir dari video Hipwee yang ada di platform Vidio, berikut tips-nya.

2 dari 3 halaman

Tips Hadapi Stres

1. Mulai Hidup Sehat

Makanan yang sehat, olahraga, serta tidur yang cukup bisa membuat hidup kamu lebih bahagia. Jika tubuh kamu sehat, proses detoksifikasi yang ada di dalam tubuh menjadi lancar dan meningkatkan metabolisme. Kamu jadi lebih ringan menjalani hari.

2. Sempatkan Me Time

Setidaknya, sisakan waktu satu hari dalam dua minggu untuk menyendiri. Tidak bertemu dan berhubungan dengan siapa pun yang kamu kenal. Lakukan sesutatu yang baru, hal ini bisa meningkatkan kreatifitas kamu.

3. Menulis Jurnal

Menulis jurnal harian akan berdampak positif bagi kesehatan mental, terutama dalam mengatasi stres dan depresi. Dengan menulis, kamu bisa mengungkapkan isi hati dan pikiran. Kegelisahan dan hal-hal yang patut kamu syukuri hari ini bisa dicurahkan lewat tulisan di jurnal, ketimbang menuangkannya lewat media sosial.

Nah, itu tadi sejumlah cara untuk menghadapi stres yang kerap dilanda generasi milenial. Untuk tips selengkapnya, kamu bisa menonton pada video di bawah ini atau mengunjungi kanal Hipwee yang ada di platform streaming Vidio.

3 dari 3 halaman

Saksikan videonya berikut ini