Sukses

6 Pertanyaan yang Harus Diketahui Sebelum Ekstensi Bulu Mata

Liputan6.com, Jakarta Sebelum Anda melakukan ekstensi bulu mata, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda tentu tidak ingin bulu mata yang telah dipoles sedemikian rupa menjadi rusak karena air dan angin bukan?

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat janji untuk ekstensi bulu mata, dilansir dari Cosmopolitan.

1. Apa itu ekstensi bulu mata?

Ekstensi bulu mata adalah bulu mata semi permanen yang direkatkan di atas bulu mata alami Anda, kata Andra Marin, direktur artistik dan penata bulu mata ahli di Courtney Akai Lash Boutique di NYC, Amerika Serikat. Ekstensi bulu mata direkatkan satu per satu, tidak seperti bulu mata palsu yang direkatkan sekaligus, bulu mata ini sangat dapat disesuaikan dan benar-benar terlihat nyata.

2. Berapa lama ekstensi bulu mata bertahan?

Jika Anda benar-benar merawatnya, ekstensi bulu mata bisa bertahan selama enam hingga delapan minggu sampai lepas secara alami seperti bulu mata Anda biasanya. Namun, begitu mereka mulai rontok, Anda dapat kembali dan meminta penata bulu mata Anda mengisi bagian yang hilang. Jadi, secara teknis, Anda dapat membuat ekstensi Anda bertahan tanpa batas.

3. Apakah ekstensi bulu mata merusak bulu mata alami Anda?

Tidak banyak bukti yang menunjukkan apakah ekstensi bulu mata benar-benar memengaruhi panjang bulu mata alami atau kesehatan Anda dalam jangka panjang. Namun, ada risiko yang sangat kecil untuk mengembangkan alopecia traksi (bulu mata alami Anda dapat rontok akibat berat konstan dari pemakaian bulu mata berulang), kata Zaina Al-Mohtaseb, MD, asisten profesor oftalmologi di Baylor College of Medicine di Houston. Tapi hal ini tidak perlu dibuat stres karena kasusnya masih jarang.

“Biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun jika pemasangannya buruk dan perawatan yang tidak tepat sehingga terjadi kerusakan bulu mata jangka panjang," kata Marin.

Jadi sebaiknya Anda meminta pemasangan oleh ahlinya. Pastikan juga orang yang memasangkan bulu mata ekstensi mencuci tangan setiap berganti klien, memakai masker, menggunakan alas kursi yang sudah didisinfeksi, mensterilkan alat mereka, dan menggunakan sikat bulu mata sekali pakai. Jangan segan juga untuk memastikan teknisi Anda bahwa mereka sudah melakukan semua tindakan pencegahan ini.

 

2 dari 5 halaman

Berbahaya?

Ekstensi bulu mata tidak berbahaya jika teknisi Anda mengikuti metode yang benar dan menggunakan bahan yang tepat. Maka dair itu, sebelumnya Anda harus mananyakan kepada salon tentang bahan perekat bulu mata yang mereka gunakan. Jika mereka tidak dapat menjawab pertanyaan Anda, batalkan janji temu.

Anda tentu tidak ingin orang yang tidak berpengalaman menempelkan sesuatu ke kelopak mata Anda. Serta jika mereka mengatakan bahwa lem mengandung formaldehyde (bahan iritasi mata yang dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan gatal, kelopak mata bengkak), batalkan juga janji temunya.

Mungkin Anda akan dikenakan biaya sedikit lebih banyak, tetapi yang terbaik adalah memilih salon yang menggunakan “lem yang dibuat dengan butil sianoakrilat dan oktil sianoakrilat, bukan formaldehida — bahan tersebut tidak terlalu beracun untuk area mata,” kata Dr. Al-Mohtaseb.

5. Mahalkah ekstensi bulu mata?

Intinya, semakin lama Anda melakukan pengisian, semakin banyak bulu mata yang harus Anda ganti dan semakin mahal biayanya. Juga jika Anda menunggu terlalu lama, teknisi Anda mungkin hanya ingin memberi Anda satu set ekstensi baru daripada isian, yang jelas tidak murah.

6. Bagaimana Anda tahu ukuran ekstensi bulu mata yang akan didapat?

Anda mungkin menginginkan bulu mata selevel Kardashian, namun sayangnya belum tentu mata Anda bisa menanganinya.

“Jenis bulu mata yang bisa Anda dapatkan semuanya bergantung pada panjang dan kekuatan bulu mata alami Anda. Mengenakan bulu mata yang terlalu panjang atau terlalu tebal untuk bulu mata Anda sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang, jadi Anda perlu memastikan ekstensi Anda tidak terlalu panjang atau lebih tebal dari bulu mata alami Anda,” kata Marin.

Jika itu membuat Anda bingung, jangan khawatir, spesialis bulu mata berlisensi akan membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk bulu mata Anda, termasuk jenis bahan yang harus Anda dapatkan, seperti bulu mata sintetis atau sutra sintetis. Mink biasanya lebih mahal, terasa lebih lembut, dan terlihat lebih alami; namun, beberapa sintetis, yang dapat disesuaikan, juga dapat terlihat dan terasa alami.

Jika berdasarkan kepadatan, kerutan, dan panjang ekstensi, Anda pasti ingin bekerja sama dengan teknisi untuk mencari tahu opsi mana yang terbaik untuk Anda.

“Teknisi bulu mata yang baik akan mempertimbangkan bentuk wajah, struktur tulang, dan bulu mata alami Anda saat membantu Anda memutuskan bulu mata seperti apa yang cocok untuk Anda," kata Clementina Richardson, ahli bulu mata dan pendiri Envious Lashes di NYC.

 

3 dari 5 halaman

Tanyakan ini pada dokter

Sementara itu, bersiaplah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan spesialis Anda:

a) Bisakah saya memakai riasan sebelum memasangkan ekstensi bulu mata?

Tidak boleh. Sebaiknya Anda tidak memakai riasan eyeshadow, eyeliner, dan / atau maskara saat ingin memasang ekstensi bulu mata. Apa pun yang ada di kelopak mata atau bulu mata Anda dapat memengaruhi hasil ekstensi Anda, jadi pastikan untuk mencuci muka terlebih dahulu.

b) Bisakah ekstensi bulu mata dibawa mandi?

Bisa, tapi sebaiknya jangan dibawa mandi dulu 24 jam setelah pemasangan. "Lama perekat bulu mata bekerja bisa bervariasi, dari 12 hingga 24 jam tergantung pada lem apa yang digunakan stylist Anda," kata Marin. Sehingga penting bagi Anda untuk merawat bulu mata dengan lembut dan pastikan tidak terkena air selama waktu yang ditentukan, kata Richardson. Setelahnya, Anda bisa bawa mandi asal tidak terlalu lama berada di uap (mandi atau berendam air hangat).

c) Bisakah memakai maskara pada ekstensi bulu mata?

Marin tidak merekomendasikannya. Karena ketika Anda mencoba membersihkannya di malam hari akan menyebabkan ekstensi Anda ikut terlepas dari gesekan dan penghapus riasan. Sedangkan untuk eyeliner, “hindari menggunakan formula berbahan krim, karena bisanya mengandung minyak dan lilin yang dapat mengurai lem bulu mata,” kata Richardson.

d) Haruskah Anda menyisir ekstensi bulu mata?

Bulu mata bisa kusut saat Anda tidur atau mandi, jadi Anda harus menyikat bulu mata dengan lembut menggunakan sikat spoolie bersih saat bangun tidur, setelah mandi, dan di penghujung hari. Dan untuk mencegah kekusutan yang tidak perlu, cobalah untuk tidur telentang atau miring, bukan telungkup. Serta gunakan sarung bantal sutra, yang cenderung lebih lembut pada ekstensi, kata Richardson.

Mungkin masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan melakukan ekstensi bulu mata. Jika Anda memiliki cukup banyak uang, carilah spesialis dan berkonsultasi lebih dulu. Tidak ada salahnya juga bereksperimen dengan sepasang bulu mata palsu yang bagus sebelum Anda berkomitmen.

4 dari 5 halaman

Infografis Serba Serbi Eyeliner, si Hitam Penghias Mata

5 dari 5 halaman

Simak juga video menarik berikut ini: