Sukses

Doni Monardo: 67 Rumah Sakit COVID-19 Jakarta Sudah Diproses untuk Relaksasi

Jumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta berjumlah 67 dan semuanya di tahap relaksasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan upaya relaksasi bagi rumah sakit rujukan COVID-19. Menurutnya, sudah ada 67 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta yang sudah diproses untuk melakukan relaksasi.

Relaksasi bertujuan untuk memberi lebih banyak ruang di rumah sakit rujukan COVID-19 dengan cara memindahkan pasien COVID-19 yang hampir pulih ke Wisma Atlet.

“Kami berharap untuk para pimpinan rumah sakit, direktur rumah sakit untuk bisa saling bekerja sama sehingga tidak ada rumah sakit yang penuh,” ujar Doni dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung di Kanal Youtube BNPB Indonesia pada Sabtu (12/9/2020).

Doni menambahkan bahwa sejauh ini ada sekitar tujuh rumah sakit yang ruang ICU-nya penuh 100 persen dengan ketersediaan tempat tidur beragam, ada yang tersedia 1, 2, 3, 4, dan 5, katanya.

“Namun demikian, Menteri Kesehatan beserta gabungan sedang memberikan suatu upaya agar seluruh rumah sakit COVID-19 Jakarta mendapat penambahan ranjang di ruang ICU sehingga kekhawatiran masyarakat tentang kurangnya ranjang yang tersedia di ICU bisa teratasi.”

Doni mengajak seluruh pimpinan dan direktur rumah sakit untuk bisa bekerja sama dengan kepala pusat yang mengelola rumah sakit darurat COVID-19 sehingga fasilitas yang ada di rumah sakit darurat Wisma Atlet bisa juga dimanfaatkan oleh para direktur rumah sakit di Kota Jakarta dan sekitarnya.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Guna Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.