Sukses

Menteri PPPA Ingatkan Pengasuhan Anak Bukan Hanya Tanggung Jawab Ibu

Di Hari Anak Nasional (HAN) 2020, Menteri PPPA mengingatkan peran serta ayah dalam pengasuhan anak.

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh setiap 23 Juli jadi momen pengingat bahwa pengasuhan anak bukan hanya tugas perempuan alias ibu. Hal ini disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

"Pengasuhan anak adalah tugas bersama orang tua, perempuan dan laki-laki," kata Bintang dalam konferensi pers virtual jelang HAN 2020 pada Rabu (22/7/2020) seperti dikutip Antara.

Persepsi yang salah bila menganggap pengasuhan anak merupakan kodrat perempuan. Bintang menekankan bahwa kodrat perempuan adalah hamil, melahirkan dan menyusui. Maka dari itu, pengasuhan anak menjadi tugas, tanggung jawab, dan kerja bersama orangtua.

"Memang berbicara tentang anak tidak bisa lepas dari peran ibu. Namun pengasuhan anak bersama antara ibu dan ayah tidak hanya akan melahirkan anak-anak yang pandai, tetapi juga berkualitas, berkarakter, dan sehat mental spiritual," tuturnya.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekerasan Rentan Terjadi pada Anak Selama Pandemi COVID-19

Dalam konferensi pers ini, Bintang juga menyorot mengenai kekerasan yang terjadi di rumah pada anak selama pandemi COVID-19.

Pengasuhan yang baik dan aman di tengah pandemi COVID-19, kata Bintang, semakin berat. Tak jarang anak menjadi korban kekerasan di rumah oleh orangtuanya.

"Dalam masa pandemi, anak rentan menjadi korban kekerasan karena orangtua memiliki beban ganda dalam mendidik, mendampingin, dan ikut menemani anak sekaligus tetap bekerja," kata Bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.