Sukses

Layani Pasien COVID-19 di Surabaya, RS Lapangan Miliki 271 Tempat Tidur

Liputan6.com, Surabaya Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meresmikan Rumah Sakit Lapangan Indrapura Jawa Timur pada Selasa, 2 Juni 2020.

RS Lapangan ini berdiri di kompleks Gedung Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Jalan Indrapura 17 Surabaya, Jawa Timur. Kehadiran rumah sakit ini diharapkan mampu membantu memperkuat pelayanan penangan COVID-19 di Surabaya Raya dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Doni berharap RS Lapangan dapat meringankan beban rumah sakit rujukan. Sehingga tenaga kesehatan dapat lebih fokus dan memiliki energi yang lebih dalam menangani dan perawat pasien COVID-19.

“Pak Menteri Kesehatan selalu mengatakan jangan biarkan rumah sakit penuh pasien. Kalau penuh pasien, dokter dan perawatnya akan kelelahan, sehingga kemampuannya dalam menangani pasien menjadi berkurang,” kata Doni dikutip laman resmi covid.go.id.

 

2 dari 2 halaman

Ratusan tempat tidur

Rumah sakit ini ditujukan untuk menangani pasien dengan kondisi ringan atau sedang yang terpapar COVID-19. RS Lapangan Indrapura saat ini telah memiliki 271 tempat tidur yang tersedia di tenda, ruangan besar atau hall, dan di dalam gedung.

Jumlah kapasitas tersebut masih dapat dikembangkan secara bertahap dengan total maksimal hingga 512. Pelaksanaan operasional RS Lapangan Indrapura ada enam yaitu pada bulan Juni hingga November 2020.Kemudian untuk pinjam pakai adalah selama 12 bulan, terhitung mulai Juni 2020 hingga Mei 2021.