Sukses

Jaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi COVID-19, KPAI Imbau Rayakan Idulfitri di Rumah Saja

KPAI mengimbau keluarga untuk merayakan Hari Raya Idulfitri dengan di rumah saja

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau perayaan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19 diselenggarakan dengan tetap menjaga keamanan anak dan keluarga.

Dalam siaran persnya, Ketua KPAI Susanto dan Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati memberikan beberapa saran agar keluarga dan anak tetap bisa aman merayakan Idulfitri di tengah pandemi COVID-19.

"Pertama, tetap merayakan Idulfitri di rumah untuk menghindari risiko kesehatan bagi anak dan keluarga," kata KPAI dikutip Minggu (24/5/2020).

Selain itu, KPAI merekomendasikan keluarga untuk membantu anak melakukan silaturahmi via daring alih-alih berkunjung atau bertamu ke tempat orang lain. Mereka mengatakan hal ini dilakukan untuk melindungi anak dari terpapar COVID-19.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajarkan Anak Berpikir Positif

KPAI juga meminta agar keluarga tetap menjaga kesehatan dan merayakan Lebaran dengan gembira meski dalam situasi pandemi.

Mereka menambahkan, Idulfitri menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan anak untuk tidak melakukan dan menghindari hal-hal yang bersifat menyebarkan kebencian.

"Momentum Lebaran saatnya kembali ke fitrah, hindari hujatan kebencian agar anak-anak tidak meniru. Ajarkan anak-anak kita berpikir, berkata, dan bertindak positif," kata KPAI.

"Menghadapi situasi sulit saat ini, kekompakkan sebagai sesama anak bangsa sangat diperlukan agar pandemi COVID-19 segera berakhir," kata KPAI menutup pesannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.