Sukses

Trik Alami dan Aman Hilangkan Komedo Hitam di Wajah dalam Waktu Singkat

Berikut ramuan bahan alami yang bisa Anda coba agar wajah bersih dari komedo dan segar di hari raya.

Liputan6.com, Jakarta Seberapa pun rajinnya Anda membersihkan dan merawat wajah, komedo hitam terkadang tetap muncul.

Komedo adalah bagian dari masalah kulit terkait jerawat. Dr Alexander Dane mengatakan, tak semua jenis jerawat bisa diatasi dengan ramuan rumahan. Namun, komedo hitam berbeda dari jerawat pada umumnya.

"Untuk jerawat yang disebabkan oleh komedo hitam, ada beberapa cara rumah yang bisa membantu mengatasi pori-pori besar," ujar Dr Dane.

Melansir laman Reader's Digest, berikut ramuan bahan alami yang bisa Anda coba agar wajah bersih dari komedo dan segar di hari raya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Baking soda dan air

Selain berfungsi sebagai bahan kue, baking soda juga bisa membantu menghilangkan komedo hitam. Dr Dane mengatakan, baking soda membantu menetralkan ketidakseimbangan pH di kulit sekaligus bekerja sebagai eksfoliator yang menghilangkan kotoran, minyak, dan kulit mati.

Untuk mengatasi komedo hitam, campur dua sendok makan baking soda dengan dua sendok makan air, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan pijat menyeluruh. Bilas wajah dengan air hangat lalu beri pelembap setelahnya.

Campuran baking soda dan air bisa membuat kulit menjadi kering, jadi sebaiknya hindari menggunakannya dua hingga tiga kali seminggu.

3 dari 5 halaman

2. Brown sugar, madu, dan sari lemon

Campuran brown sugar, madu, dan sari lemon akan menghasilkan semacam lulur alami yang bisa mengenyahkan komedo hitam di dagu dan hidung.

Dr Dane merekomendasikan mencampur bahan-bahan tersebut dengan ukuran satu sendok makan brown sugar, dua sendok makan sari lemon, dan satu sendok makan madu. Campur semua bahan lalu oleskan pada wajah dengan gerakan memutar, pijat-pijat selama lima menit sebelum membilasnya dan mengoleskan pelembap.

4 dari 5 halaman

3. Susu dan madu

Susu mengandung asam laktat yang membantu mengikis kulit mati dan minyak. Sementara madu bersifat antibakteri.

Untuk membuat pore strip Anda sendiri, campur satu sendok makan susu dengan satu sendok makan madu organik. Panaskan dalam microwave sekitar 10 detik.

Setelah campuran tersebut cukup dingin, aplikasikan pada area wajah yang ada komedo hitamnya lalu letakkan potongan kain katun di atasnya. Biarkan selama 15 menit lalu perlahan angkat kain tersebut. Jangan lupa membilas wajah dan memberinya pelembap.

5 dari 5 halaman

4. Bubuk kunyit

"Kunyit bisa digunakan untuk menghilangkan komedo hitam karena bersifat antibakteri, antijamur, dan antiperadangan," jelas Dr Dane.

"Penting untuk diketahui, kunyit biasa bisa meninggalkan warna atau noda pada kulit. Namun, kunyit kasturi tak akan meninggalkan efek tersebut," tambahnya.

Mungkin agak sulit ditemukan di Indonesia, ini adalah jenis bubuk kunyit khusus untuk perawatan kecantikan. Anda bisa membelinya secara online. Campur satu sendok makan bubuk kunyit kasturi dengan satu sendok makan air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.