Sukses

5 Cara Persiapkan Salat Idul Fitri 2020 Sesuai Sunah Nabi

Berikut tips mempersiapkan salat Idul Fitri sesuai sunah Nabi SAW

Liputan6.com, Jakarta Esok, seluruh umat Muslim akan merayakan hari kemenangan setelah berpuasa Ramadan sebulan lamanya, ditandai dengan dilaksanakannya salat Idul Fitri. Hanya saja, pelaksanaan salat Idul Fitri yang menandai 1 Syawal akan berbeda dari sebelumnya.

Jika biasanya salat Idul Fitri dilaksanakan bersama-sama di masjid atau lapangan terbuka, kali ini dianjurkan dilaksanakan di rumah bagi wilayah yang masih dalam status zona merah COVID-19.

Meski begitu, berarti kita tidak bisa bersuka cita saat dalam merayakan Idul Fitri meski di rumah saja. Meski kita tidak bisa mengikuti imbauan Rasulullah SAW sebagaimana hadis riwayat Bukhari dan Muslim yaitu melaksanakan Salat Ied di lapangan terbuka, kita tetap bisa melakukan amalam sunah nabi lainnya.

Berikut tips mempersiapkan salat Idul Fitri sesuai sunah Nabi SAW. Ada yang dilakukan sebelum dan sesudah salat Idul Fitri.

Sunah pertama adalah jangan lupa untuk mandi sunah yang waktunya bisa sebelum atau sesudah salat subuh. Kedua, berhias serta memakai parfum sesuai dengan hadis riwayat Ibnu Abbas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memakai Pakaian Terbaik

Ketiga mengenakan pakaian terbaik. Nabi SAW memiliki jubah yang dipakai saat hari raya dan hari Jumat. Keempat disunahkan untuk makan sebagai tanda Ramadan terlah berlalu.

Keempat, Anas bin Malik meriwayatkan jika Nabi memakan beberapa kurma sebelum salat Ied. Rasul SAW memakannya dalam hitungan ganjil, yakni tiga, lima, dan seterusnya jika ingin menambahnya.

3 dari 3 halaman

Kumandangkan Takbir

Kelima adalah mengumandangkan takbir, untuk pria diriwayatkan untuk mengeraskan bacaan, sementara anjuran bagi perempuan adalah lembut-lembut. Dan keenam adalah saling menyapa dengan salam dan doa untuk bermaafan dan mempererat tali silaturahmi.

Di tahun ini, kita bisa memberi salam secara virtual lewat video call atau beramai-ramai conference call dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman. Salah satu ucapan yang dianjurkan adalah Taqabbalallahu minna wa minkum. Nah, sudah siap merayakan Idul Fitri 24 Mei nanti?

(Novi Nadya/Adinda Tri Wardhani/Fimela.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.