Sukses

Kemenkes Kaji dan Kumpulkan Informasi COVID-19 Menyaru Demam Berdarah Dengue

COVID-19 yang menyaru jadi demam berdarah dengue, Kemenkes sedang mengkaji kasus tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Gejala COVID-19 yang menyaru jadi Demam Berdarah Dengue (DBD) tengah dikhawatirkan publik Tanah Air. Dalam beberapa kasus, diagnosis bisa saja DBD, yang ternyata setelah pemeriksaan lanjutan dan tes swab, pasien terindikasi COVID-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, kasus COVID-19 menyaru DBD sudah dilaporkan di sejumlah rumah sakit. Namun, laporan yang masuk belum secara rinci dan resmi terkait angka pasti jumlah kasus yang terjadi.

"Kalau laporan resmi belum ada ya, tetapi beberapa rumah sakit melaporkan adanya kejadian COVID-19 menyaru jadi DBD ini," ungkap Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (5/5/2020).

"Misal, ada laporan kasus dari rumah sakit di Bandung, Jawa Barat dan rumah sakit swasta dengan kasus pada anak. Kemudian di rumah sakit di Jakarta juga ada. Kalau tidak salah RS Cipto Mangunkusumo Jakarta atau rumah sakit swasta lain."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kajian dan Kumpulkan Data

Nadia menegaskan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tengah mengkaji laporan kasus COVID-19 menyaru jadi DBD. Pengumpulan informasi juga terus diupayakan untuk mendapatkan data lebih rinci.

"Jadi, umumnya pasien didiagnosis DBD, baru kemudian COVID-19. Untuk rinciannya, kami masih dalam upaya melakukan kajian dan pengumpulan informasi terkait hal tersebut," tegasnya.

"Tetapi kami sudah mengingatkan untuk tenaga kesehatan agar lebih waspada. Masyarakat juga harus melakukan pencegahan DBD, sehingga tidak menjadi DBD berat atau sampai syok yang perlu perawatan di rumah sakit."

Upaya pencegahan DBD, seperti pemberantasan sarang nyamuk, baik di rumah sekolah tempat umum dan rumah ibadah. Kemudian pemberian abate, insektisida, dan larvasida.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini