Sukses

Trik Jaga Berat Badan Tetap Stabil Meski Kerja dari Rumah

Berikut beberapa langkah yang bisa dicoba ketika menerapkan gaya hidup sehat saat bekerja di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tantangan yang dihadapi ketika bekerja dari rumah demi cegah COVID-19 semakin meluas adalah menjaga berat badan tetap stabil. Setidaknya hal itulah yang kerap diungkap oleh kaum hawa yang kini tengah menjalani work from home (WFH).

Suasana rumah yang nyaman dan santai cenderung memicu keinginan untuk tak berhenti mengunyah makanan alias mencemil. Hal ini mungkin saja membuat kita khawatir jika berat badan bertambah.

Berikut beberapa langkah yang bisa dicoba ketika menerapkan gaya hidup sehat saat bekerja di rumah.

Buatlah Menu Rutin

Bagian dari bekerja di rumah dalam hal makanan adalah kurangnya struktur untuk mengatur menu harian saat melakukan kerja dari rumah. Sebaiknya rencanakan kapan, apa, dan berapa banyak makanan yang akan dikonsumsi dan cobalah untuk berpegang teguh pada rencana itu sebaik mungkin. Jadwal yang di tetapkan akan membantu menghilangkan isyarat yang merupakan bagian dari hari-hari akhir pekan. Sehingga dirimu dapat menjadi produktif dan dapat menemukan dirimu melewatkan aktivitas fisik.

Menjauh dari Meja Dapur saat Bekerja

Jangan sampai melakukan pekerjaanmu di dekat meja dapur. Temukan tempat lain untuk bekerja, jadi jika dirimu tidak tergoda untuk ngemil. Jika dirimu tidak memiliki ruang kerja, cari tempat yang jauh dari lemari es untuk melakukan pekerjaan. Jangan melakukan makan sambil mengetik sesuatu, multi-tasking saat makan berarti dirimu mungkin makan lebih banyak makanan tetapi kurang menikmatinya.

Luangkan Waktu untuk Bergerak

Sangat direkomendasikan bagi dirimu yang bekerja dari rumah setiap hari di lingkunganmu, berolahraga dengan peralatan yang ada di rumah, bermain musik dan mungkin juga melakukan yoga sebentar. Cobalah untuk tidak duduk lebih dari 60 menit pada satu waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Makanan Ringan

Mulailah Hari dengan Benar

Rutinitas pagi telah berubah, tetapi jangan mengabaikan sarapan yang bergizi di pagi hari. Membuat sarapan oatmeal dan smoothie buah dan sayuran, sarapan dengan telur, bayam, tomat dan keju yang dibungkus dengan tortilla gandum utuh atau muffin lengkap dengan selai kacang.

Siapkan Makanan Ringan

Cobalah untuk meyiapkan camilan sehat. Sangat direkomendasikan untuk menyimpan semangkuk buah di meja dapur atau di dalam wadah bening di lemari es. Ini akan menjadi pilihan yang sehat dan menjadi pilihan ynag mudah. Simpan makanan ringan di dalam lemari es, seperti sayuran yang sudah dipotong seperti wortel, seledri dan paprika.

Makan Siang Penuh Sayuran

Dalam hal mkaan siang, ada banyak manfaat utuk berada di rumah. Cobalah untuk menyediakan menu makan siang dengan sayuran. Ini akan menghindarkanmu merasa ngantuk saat setelah makan siang. Selain itu, sayuran juga dapat mempertahankan berat badan supaya tidak naik saat melakukan kerja dari rumah.

3 dari 3 halaman

Batasi Kafein

Batasi Konsumsi Kafein

Saat bekerja dari rumah ini mungkin membuatmu sangat mudah untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Ya, mungkin ini akan membantumu dalam memberikan energi tambahan saat mengerjakan pekerjaan. Namun pertimbangkan kandungan gula yang ada dalam kafein yang bisa membuatmu merasa lelah dan kehabisan energi. Selain itu juga kafein dapat mengganggu dirimu saat melakukan istirahat termasuk tidur malam. Jadi pertimbangkan sekali lagi untuk mengonsumsi kafein yang berlebih.

Dapatkan Tidur yang Cukup

Terlalu lama tinggal di rumah mungkin kita untuk bekerja di siang hari medorong waktu layar kita ke malam hari. Kemungkinana kita akan bergadang untuk bersantai, yang dapat menciptakan peluang ngemil di malam hari. Ironisnya, bekerja dari rumah mungkin menyebabkan tidur lebih sedikit daripada ketika kita harus tidur dan bangun pagi untuk pergi bekerja. Tidur yang cukup adalah penting untuk mengatur berat badan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga berat abdan saat melakukan kerja dari rumah. Tetap jaga kebersihan dan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

(Gayuh Tri Pinjungwati/Fimela.com)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini