Sukses

Inilah 5 Manfaat Rutin Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Ketimbang Kopi dan Boba

Liputan6.com, Jakarta Popularitas minuman teh, kopi, dan bahkan boba semakin meningkat di kalangan milenial. Banyaknya pilihan merk dan varian rasa, membuat milenial semakin rutin menenggak ketiga minuman itu.

Pagi minum teh, siang bisa kopi, dan malam hari iseng-iseng nikmati Boba. Kenikmatan ketiga minuman itu memang susah untuk ditolak, apalagi cenderung mampu memberikan kesegaran secara instan saat tubuh sedang mengantuk atau mood sedang jelek.

Namun, senikmat apapun teh, kopi dan Boba yang kamu minum, jangan pernah lupa untuk tetap rutin minum air putih. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Peranannya sangat krusial untuk memastikan organ-organ tubuh bekerja dengan maksimal. karena sekitar 60 persen tubuh terdiri dari air.

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik, dikutip dari laman healthline.com dan medicalnewstoday.com  berikut ini beberapa manfaat minum air putih yang perlu kamu ingat kembali untuk bisa mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat.

2 dari 6 halaman

1. Melancarkan sistem pencernaan dan mencegah batu ginjal

Saluran pencernaan dan usus membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Ketercukupan air membuat makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Konsumsi air yang tidak cukup akan membuat tubuh dehidrasi dan membuat kamu sulit buang air besar.

Selain itu, ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Inilah kenapa kalau kita kurang minum air putih, risiko Anda terkena batu ginjal akan meningkat, apalagi pada iklim panas atau hangat.

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan kinerja otak dan energi

Dikutip dari healthline.com, dehidrasi memiliki dampak besar pada tingkat energi dan fungsi otak. Dalam jurnal yang dipublikasi di National Library of Medicine ditemukan bahwa pada wanita muda, kehilangan cairan 1,36% setelah berolahraga mengganggu suasana hati dan konsentrasi, dan meningkatkan frekuensi sakit kepala.

Sementara pada pria muda, menunjukkan bahwa kehilangan cairan 1,59% merusak memori kerja dan meningkatkan perasaan cemas dan kelelahan. Ketika otak berfungsi dengan baik tentunya dapat membuat Anda lebih fokus, mudah berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga atau waspada.

4 dari 6 halaman

3. Melumasi sendi dan otot agar lebih rileks

Minum air putih yang cukup menjaga kadar hormon tubuh agar tetap seimbang. Selain itu juga membuat otot-otot dan persendian menjadi lebih rileks. Dikutip dari medicalnewstoday.com, tulang rawan yang berada di sendi dan cakram tulang belakang mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan menyerap goncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas Anda.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga kesehatan kulit dan menurunkan berat badan

Manfaat air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi air putih akan memberikan efek pada kulitmu. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. Air putih membantu melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kulit dan menyamarkan kerutan.

Selain itu, masih menurut medicalnewstoday.com, rutin minum air putih juga membantu menurunkan berat badan. Minum air putih sebelum makan dapat mencegah Anda makan berlebih karena air yang sudah diminum dapat menciptakan rasa kenyang,

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalam membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Banyak konsumsi air putih maka sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

Air akan membawa oksigen ke sel-sel tubuh sehingga sistem menjadi berlancar lancar serta air dapat membersihkan racun berbahaya dari tubuh karena kinerja ginjal menjadi lancar dan baik. Manfaat air putih juga terbukti mengurangi resiko kanker kandung kemih.

Selain 5 manfaat di atas masih banyak kebaikan yang dimiliki air putih bagi tubuh. Mengonsumsi air putih tak akan memberikanmu efek samping. Karena air putih tidak mengandung kandungan kalori, lemak, karbohidrat serta kandungan gula. Namun, dengan catatan air putih yang kamu minum berasal dari sumber mata air terpilih dan memiliki kandungan mineral alami yang terpelihara.

Dalam hal ini, kamu bisa memilih air minum AQUA yang terpercaya dan telah menemani masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia lebih dari 45 tahun. Berbeda dengan merek lain, air mineral AQUA berasal dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kesegaran AQUA juga tetap terjaga karena setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas dan dikemas langsung dari sumbernya. Tak hanya memastikan air minum berkualitas sampai ke tangan masyarakat Indonesia, AQUA juga senantiasa melindungi keseimbangan alami ekosistem sumber air guna melindungi kealamian mineralnya sebelum menjadi AQUA yang melindungi Anda. Hal ini sesuai dengan tagline AQUA, terlindungi untuk melindungi.

Produk AQUA dikemas dengan proses higienis dalam beberapa ukuran botol plastik: 330 ml, 450 ml, 600 ml, 750 ml dan 1500 ml serta kemasan gelas ukuran 220 ml dan kemasan galon 19 liter untuk menunjang kegiatan yang dinamis agar terhindar dari dehidrasi.

AQUA mempersembahkan masyarakat Indonesia segala kebaikan alam di setiap tetesnya. Sudah minum kemurnian AQUA hari ini?