Sukses

5 Obat Rumahan untuk Mengatasi Batuk yang Menyerang Saat Hujan

Liputan6.com, Jakarta Batuk dapat membersihkan iritasi dan infeksi dari tubuh, tetapi batuk yang terjadi secara terus-menerus pastinya dapat mengganggu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui penyebab batuk itu sendiri.

Jika telah mengetahuinya, Anda dapat mencoba untuk melakukan perawatan sederhana di rumah. Berikut ini adalah obat rumahan yang dapat Anda coba sebagai obat batuk alami:

1. Teh Madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Para peneliti mengatakan bahwa madu dapat memberikan kelegaan yang signifikan. Anda dapat menggunakan madu untuk mengobati batuk dengan mencampurkan dua sendok madu dengan air hangat atau teh herbal. Anda dapat mengonsumsinya sekali atau dua kali sehari. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Medical News Today.

2 dari 4 halaman

2. Jahe

Tak dapat dimungkiri bahwa jahe memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya meredakan batuk. Sebuah studi menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara sehingga dapat mengurangi batuk.

Anda dapat membuat teh jahe dengan mencampurkan irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum diminum. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan madu dan air perasan lemon untuk meningkatkan rasa segar.

3. Uap

Anda dapat mandi dengan menggunakan air panas dan biarkan kamar mandi terisi dengan uap. Anda dapat mencoba untuk berdiam diri dalam uap ini selama beberapa menit sampai gejala mereda. Setelah itu, Anda dapat meminum segelas air untuk mendinginkan suhu tubuh dan mencegah dehidrasi.

Cara lain untuk mengatasi batuk, Anda dapat menggunakan pelembab kabut dingin atau alat penguap di rumah Anda seperti yang disarankan oleh National Heart, Lung, and Blood Institue (NHLBI).

3 dari 4 halaman

4. Susu Kunyit

Pakar ayurvedic, dr. BN Sinha menyaranan Anda untuk mengonsumsi segelas susu dengan setengah sendok teh untuk membersihkan tenggorokan Anda. Minuman ini adalah pengobatan yang efektif untuk membantu Anda menyembuhkan batuk serta menyehatkan tenggorokan. Hal tersebut seperti yang dilansir dari NDTV Food.

5. Jus Delima

Delima merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan C untuk membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jus delima, Anda akan merasa ringan pada tenggorokan. Anda juga dapat menambahkan jahe dan lada hitam untuk memberikan rasa hangat.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Air Sabun Vs Hand Sanitizer
Loading