Sukses

Cegah Situasi Jadi Tanggap Darurat, Wiranto Imbau Masyarakat Ikut Siaga Hadapi Virus Corona

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto meminta agar masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan masuknya infeksi Virus Corona atau COVID-19 ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto meminta agar masyarakat juga ikut berpartisipasi dalam upaya pencegahan masuknya infeksi Virus Corona atau COVID-19 ke Indonesia. Hal ini agar situasinya tidak berubah menjadi tanggap darurat.

Wiranto mengatakan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa dalam menghadapi virus corona COVID-19, Indonesia sudah berada dalam tahap siaga darurat.

"Siaga darurat artinya kita meminta kebersamaan seluruh masyarakat. Bersama-sama siaga jangan sampai virus itu kemudian bisa masuk, bisa menyebar, sampai kita kemudian tanggap darurat. Kita hindari tanggap darurat," kata Wiranto di gedung Wantimpres pada Senin (17/2/2020).

Wantimpres menyatakan hal tersebut usai melakukan pertemuan dengan beberapa pihak terkait untuk menelaah lebih dalam soal mitigasi dan penanganan COVID-19 di Indonesia. Mereka yang hadir antara lain perwakilan Kementerian Kesehatan, World Health Organization, dan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Mampu Hadapi Virus Corona

Dalam konferensi pers tersebut, Wiranto mengatakan bahwa Indonesia sudah mampu melakukan upaya pencegahan masuknya COVID-19 ke indonesia. Selain itu, dia juga menyatakan bahwa hasil nihil virus corona di Indonesia bukanlah berdasarkan asal bicara.

"Tentu ini bukan asal bicara, tapi sudah merupakan hasil usaha yang maksimal. Hasil penelitian yang maksimal, hasil suatu usaha yang maksimal dari pihak-pihak yang terkait dengan kita memitigasi virus corona di Indonesia," kata Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

Wiranto mengungkapkan bahwa memang ada beberapa pihak yang menyangsikan bahwa Indonesia nihil dari kasus COVID-19.

"Dalam pertemuan sudah terjawab, bahwa memang kesangsian itu dapat terhapus tatkala diruntut bahwa pemerintah Indonesia dengan cepat dan tepat telah menangani ini dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.