Sukses

Cek, 5 Makanan Sehat yang Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Liputan6.com, Jakarta Sama halnya dengan anggota tubuh yang lain, otak juga memerlukan asupan makanan yang sehat untuk mempertahankan serta meningkatkan kinerjanya dalam jangka waktu yang pendek ataupun panjang.

Semua makanan yang Anda konsumsi pastinya akan memberikan efek pada tubuh. Begitu juga jika Anda mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut ini adalah makanan sehat yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak Anda:

1. Ikan

Ikan merupakan sumber omega 3 yang baik. Omega 3 ini dapat membantu Anda membangun membran di setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Oleh karena itu, ikan dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa seseorang dengan kadar omega 3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak. Para peneliti juga mengidentifikasi adanya hubungan antara tingkat omega 3 dan kemampuan berpikir. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Medical News Today.

2 dari 4 halaman

2. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung kakao. Kandungan kakao ini mengandung antioksidan, flavonoid. Salah satu antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan otak karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit otak.

Terdapat studi pada tahun 2018 yang menunjukkan bahwa cokelat hitam mempunyai efek yang meningkatkan kinerja otak. Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan plastisitas otak yang sangat penting untuk pembelajaran serta dapat memberikan manfaat lain yang terkait dengan otak.

3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Sama halnya dengan ikan dan cokelat hitam, kacang-kacangan serta biji-bijian mengandung asam lemak omega 3 dan antioksidan. Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa kacang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak yang lebih baik pada usia tua.

Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung sumber vitamin E yang dapat melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E juga telah terbukti dapat berkontribusi untuk meningkatkan kognisi dan mengurangi risiko penyakit alzheimer.

3 dari 4 halaman

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh sehat yang dapat mendukung kinerja otak. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penurunan kognitif.

5. Kopi

Kafein dalam kopi dapat memberikan Anda energi dan membantu Anda berkonsentrasi. Kafein yang dikandung dalam kopi dapat memblokir rasa mengantuk meskipun efeknya hanya dalam jangka waktu yang pendek. Hal ini seperti yang dilansir dari WebMD.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: