Sukses

Soal Coronavirus, Presiden Jokowi: Waspada dan Hati-Hati

Presiden Jokowi mengatakan dalam menghadapi ancaman virus corona, yang terpenting adalah waspada dan hati-hati terhadap gejala yang ada

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dalam menghadapi virus corona, yang terpenting adalah kewaspadaan dan kehati-hatian.

"Yang paling penting kita waspada, yang paling penting kita hati-hati," kata Jokowi dikutip dari laman Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (28/1/2020).

Jokowi mengatakan, pemerintah telah melakukan pengawasan di semua bandara, baik dari dan menuju Tiongkok. Meskipun begitu, mantan Wali Kota Solo ini mengakui bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang mudah.

"Karena pada masa inkubasi itu, panas kadang-kadang tidak bisa terdeteksi dengan scanner yang kita miliki. Semua negara juga mengalami hal yang sama," kata Jokowi dalam keterangan persnya di Surabaya pada Senin 27 Januari kemarin.

Jokowi menegaskan yang penting adalah masyarakat harus waspada dan hati-hati terhadap gejala-gejala yang ada.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Terbaru Pasien Virus Corona di Dunia

Berdasarkan pantauan Health Liputan6.com dari Center for Systems Science and Engineering pada Selasa, 28 Januari 2020 pukul 09.40 WIB, sudah ada lebih dari 4 ribu pasien di dunia yang dikonfirmasi terinfeksi. Sementara, 80 orang dinyatakan meninggal dunia.

Di wilayah Tiongkok Daratan, terdapat 4.409 pasien yang dikonfirmasi terinfeksi virus Corona.

Beberapa negara lain yang juga positif kasus virus corona adalah: Hong Kong (8), Thailand (8) Macau (6) Australia (5) Singapura (5) Taiwan (5) Amerika Serikat (5), Jepang (4), Malaysia (4), Korea Selatan (4), Prancis (3), Vietnam (2), Kamboja (1), Kanada (1), Jerman (1), Pantai Gading (1), Nepal (1), dan Sri Lanka (1).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.