Sukses

6 Tips Jaga Kesehatan Mental untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Mental yang sehat akan membuahkan hasil yang mempengaruhi semua aspek kehidupan Anda sehingga menambah kenikmatan hidup secara keseluruhan.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kesehatan mental mulai dari sekarang. Anda dapat menjaga kesehatan mental dengan melakukan berbagai cara seperti di bawah ini:

1. Katakan Pada Diri Sendiri Sesuatu yang Positif

Penelitian menunjukkan bahwa pola pikir mengenai diri sendiri dapat memberikan efek yang kuat pada hidup Anda. Jika memandang diri sendiri secara negatif, akan memberikan pengaruh yang negatif juga dalam jangka waktu yang panjang.

Biasakanlah untuk menggunakan kata-kata yang membangun, seperti "Saya tidak melakukan wawancara dengan baik, tetapi bukan berarti saya tidak akan mendapatkan pekerjaan." Hal ini seperti yang dilansir dari Psychology Today.

2. Bersyukur

Rasa syukur berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan, kesehatan mental, dan rasa bahagia. Hal yang bisa saja kamu lakukan untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah dengan membuat jurnal bersyukur atau menulis daftar terima kasih setiap harinya. Anda dapat berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

2 dari 4 halaman

3. Fokus Pada Satu Hal

Mencoba untuk melepaskan emosi negatif dari pengalaman masa lalu yang membebani diri Anda sendiri. Memberikan perhatian kecil kepada diri sendiri, seperti perawatan tubuh dapat membantu Anda kembali fokus.

4. Olahraga

Melakukan olahraga dapat melepaskan endorfin sehingga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati. Oleh karena itu, olahraga adalah penangkal kuat dari stres, kecemasan, hingga depresi.

Anda dapat melakukan olahraga-olahraga kecil dalam aktivitas sehari-hari, seperti naik tangga dan berjalan kaki. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda dapat melakukannya di luar ruangan sehingga paparan sinar matahari dapat membantu Anda menghasilkan vitamin D, vitamin yang dapat meningkatkan serotin di otak. Anda juga dapat berolahraga di luar ruangan, seperti di alam karena telah terbukti dapat membantu Anda untuk meredam stres.

3 dari 4 halaman

5. Kualitas Tidur yang Baik

Dalam menjaga kesehatan mental, tidur yang cukup merupakan suatu hal yang sangat penting. Melewati beberapa jam untuk tidur dapat merusak suasana hati, energi, ketajaman mental, dan kemampuan Anda dalam mengatasi stres. Dalam jangka panjang, kurang tidur yang kronis dapat merusak kesehatan dan pandangan Anda. Hal ini sesuai yang dilansir dari Help Guide.

6. Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang tak sehat dapat merusak otak dan suasana hati, mengganggu pola tidur, menguras energi, serta melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Oleh sebab itu, Anda harus beralih ke pola makan yang sehat.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: