Sukses

Tablet Zinc Bantu Atasi Diare pada Balita

Pemberian tablet zinc tidak akan membuat anak mudah kena diare di waktu mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Memberikan tablet zinc mempercepat kesembuhan diare pada anak di bawah lima tahun

"Pemberian (tablet) zinc pada anak di bawah 5 tahun sebagai tata laksana dalam diare. Tata laksana ini sudah menjadi rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF," jelas Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Kirana Pritasari saat konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Tablet zinc untuk anak yang diare harus diminum selama paling tidak 10 hari. Pemberian tablet zinc tidak akan membuat anak mudah kena diare di waktu mendatang. Hal ini bisa terwujud asalkan orangtua memberikan tablet zinc sesuai petunjuk dokter. 

"Tapi secara khusus dinilai kepatuhan juga. Artinya, tablet zinc diminum sesuai apa yang disampaikan dokter," lanjut Kirana.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Dehidrasi Akibat Diare

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Wiendra Waworuntu menambahkan, tablet zinc mencegah anak mengalami dehidrasi akibat diare.

"Patuh minum obat zinc untuk memperbaiki sel mukosa agar tidak terjadi dehidrasi. Zinc ini dibutuhkan saat anak diare," tambahnya.

Demi meningkatkan kesehatan anak, pemberian tablet zinc menyasar lebih dari 64.000 anak di bawah usia 5 tahun yang menderita diare di 20 kabupaten di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Program tersebut merupakan Micronutrient Supplementation for Reducing Mortality and Morbidity (MITRA) yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI, Nutrition International (NI) dan Kemitraan Australia serta Kanada.

Project tersebut dilakukan sejak Agustus 2015. Selain tablet zinc, anak-anak yang diare juga diberikan oralit.

Oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Anak pun terhindar dari dehidrasi akibat diare. Tablet zinc dan oralit menjadi pengobatan efektif menghentikan diare pada anak usia di bawah lima tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Diare adalah kondisi di mana feses yang dikeluarkan encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daripada biasanya.

    Diare

  • Balita