Sukses

Bersyukur Bagian dari Rutinitas Self Care

Self care merupakan kepedulian terhadap diri sendiri karena pada kenyataannya, dengan mengabaikannya sangat tidak baik untuk siapa pun.

Liputan6.com, Jakarta Self care atau merawat diri mungkin masih dianggap suatu hal yang belum termasuk dalam prioritas seseorang. Dalam hidup, mereka lebih memprioritaskan orang lain yang mungkin terlihat.

Self care bukan merupakan keegoisan diri, tetapi suatu kepedulian terhadap diri sendiri unutk membantu Anda agar tetap sehat secara fisik ataupun mental. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat diri Anda:

1. Lakukan Self Talk

Berdasarkan lansiran dari Real Simple, langkah pertama yang menjadi bagian perawatan diri adalah belajar bagaimana menumbuhkan rasa  peduli.

"Perhatikan self talk Anda dan bicaralah pada diri sendiri seperti yang Anda lakukan pada seseorang yang Anda cintai," kata terapis pernikahan dan keluarga, Zereana Jess-Huff.

2. Jadikan Tidur Sebagai Bagian dari Rutinitas Perawatan Diri 

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, tidur dapat memiliki efek besar pada perasaan Anda baik emosional maupun fisik.

Jika tidur Anda tidak cukup, dapat menyebabkan masalah kesehatan utama pada tubuh.

Mulailah dengan memikirkan rutinitas malam Anda. Sebaiknya Anda menjauhi kafein dan gula sebelum tidur yang dapat menyebabkan Anda tetap terjaga.

Kemudian, kurangi stres juga menjadi kunci agar mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu, pastikan kamar Anda menjadi tempat terbaik untuk tidur.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menjaga Usus

Kesehatan usus memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan Anda.

Jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat mempengaruhi bakteri yang hidup di perut sehingga menghasilkan pengaruh postif atau negatif pada tubuh.

4. Berolahraga Setiap Hari

Olahraga harian dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati, mengurangi stres serta kecemasan, dan membantu untuk menurunkan berat badan.

Hal sederhana dapat Anda lakukan jika tidak mempunyai banyak waktu, seperti berjalan, tenis, dan yoga.

3 dari 3 halaman

5. Makanan yang Tepat

Makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki potensi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Mengonsumsi makanan yang tepat dapat membantu mencegah hilangnya ingatan serta peradangan pada otak dalam jangka waktu pendek ataupun panjang.

Beberapa makanan yang termasuk bagian untuk perawatan diri, diantaranya ikan, blueberry, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan brokoli.

6. Buat Jurnal Rasa Syukur 

Manusia sangat mudah kehilangan pandangan positif, terutama ketika mengalami stres yang memuncak. Oleh karena itu, menuliskan hal-hal yang membuat Anda bersyukur dapat membantu menjadi lebih baik.

"Semakin banyak Anda berlatih untuk bersyukur, semakin menjadi bagian alami dari hidup Anda," kata Jess-Huff.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.