Sukses

Memahami Cara Mencegah Stroke, Tidak Sekadar Cek Tensi Semata

Beginilah cara mencegah stroke yang disarankan dokter

Liputan6.com, Banten - Riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 menyebut stroke sebagai penyakit yang paling banyak menyebabkan kecacatan dan kematian di Indonesia.

Di acara Pameran Pembangunan Kesehatan 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) pada Jumat, 8 November 2019, dokter syaraf Dr Indah Aprianti Putri, mengatakan, data dari Kementerian Kesehatan mencatat bahwa angka pasien stroke dari 2007 sampai 208 terus meningkat tanpa memandang usia.

"Angka itu (jumlah pasien stroke) meningkat dua kali lipat di Indonesia. Tidak ada lagi perbedaan, baik itu di desa maupun di perkotaan," ujarnya.

Oleh sebab itu, Indah mengingatkan agar kita memahami langkah-langkah menghadapi risiko stroke.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pahami Penyebab Stroke

Penting sekali untuk memahami penyebab dari stroke sebelum mencari langkah pencegahan atau penanganannya. Indah mengatakan bahwa usia merupakan faktor utama yang bisa menyebabkan stroke.

Usia di atas 75 tahun memiliki risiko sebesar 12 kali. Sedang usia 65 tahun memiliki 6 kali lipat risiko.

Hipertensi juga memiliki risiko sebesar tujuh kali. Tidak hanya itu, gangguan irama jantung pun menyebabkan risiko sekitar lima kali lipat.

"Yang lainnya (perokok, tidak berolahraga, obesitas dan sebagainya) hanya berisiko dua kali terhadap stroke," kata Indah.

Terpaku paradigma lama

"Jadi sebenarnya, paradigma lama itu adalah ketika kita datang ke puskesmas atau klinik, yang pasti diukur adalah tensinya dulu. Kemudian dihitung lagi kadar kolesterolnya. Berapa, sih, kadar gula darahnya, berapa berat badannya. Lalu dokter akan bilang 'Wah, bu, tekanan tensinya tinggi.'," kata Indah.

Menurut Indah, itu membuat orang yang datang jadi berpikir, 'Oh, ya, sudah, saya tensinya tinggi maka saya harus minum obat,'" katanya lagi.

Indah menjelaskan bahwa pemeriksaan seperti itu seharusnya dipikirkan ulang oleh masyarakat. Informasi mana yang berpotensi menyebabkan stroke, baik itu tensi, kadar gula darah atau pola hidup, dan sebagainya.

 

3 dari 3 halaman

Awareness Stroke

Deteksi dini yang dapat dilakukan adalah menyadari posisi Anda. Apakah Anda merupakan orang yang memiliki risiko kecil, sedang atau tinggi terhadap stroke.

Bila Anda memiliki risiko terkena yang tinggi, sebaiknya lebih rutin memeriksakan diri ke puskesmas atau pihak medis terdekat, saran Indah.

Dengan adanya kesadaran tersebut, bila memang penyakit itu muncul, maka bisa segera ditangani atau Anda bisa memperbaiki pola hidup agar terhindar dari stroke.

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • Stroke hemoragik terjadi karena pembuluh darah pecah sehingga menimbulkan perdarahan di otak.

    Stroke Hemoragik

  • Stroke iskemik merupakan salah satu jenis stroke yang ditandai dengan kehilangan suplai darah dari sirkulasi secara tiba-tiba

    Stroke Iskemik