Sukses

Harapan Menkes Terawan ke Pemerintah Terhadap Alat Kesehatan Karya Anak Negeri

Liputan6.com, Banten - Usai melihat langsung beragam inovasi alat-alat kesehatan di Pameran Pembangunan Kesehatan 2019, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr Terawan Agus Putranto merasa yakin bahwa Indonesia bisa menjadi bangsa yang mandiri dengan menghasilkan produk-produk berkualitas dan siap bersaing.

Dalam sebuah kesempatan, Terawan pernah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikannya pekerjaan rumah (PR) terkait penyediaan alat kesehatan buatan anak bangsa, selain soal stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Oleh sebab itu, muncul optimisme dari benak Menkes Terawan jika temuan-temuan terbaru yang dia lihat itu bisa mendukung program untuk menuju Indonesia sehat beberapa tahun mendatang.

"Setelah melihat ini saya yakin, kita bisa menjadi bangsa yang siap di 2045 untuk Indonesia maju," katanya.

"Lihat wajah saya, bahagia sekali," Terawan melanjutkan.

 

2 dari 3 halaman

Pemerintah Harus Mendukung Inovasi Alat Kesehatan

Menurut Menkes Terawan, tinggal bagaimana pemerintah mendukung pemanfaatan alat-alat inovatif tersebut.

Dokter Terawan berharap Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Dirjen Farmalkes) melakukan tindakan nyata sebagai wujud memberikan dukungan.

"Paling tidak Dirjen Farmalkes harus mampu, pertama perizinannya lebih mudah, pengaturan kontrolnya lebih baik sehingga harganya bersaing," kata Terawan.

Menurutnya, dengan harga yang bersaing tersebut dapat menggerakan roda ekonomi bangsa ini.

"Semua itu berjalan karena produksinya ada yang dijual, ada yang membeli. Di situlah kita fungsinya sebagai regulator untuk membuat semuanya nyaman," ujarnya

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Terkait Menkes Terawan

Loading
Artikel Selanjutnya
Diberhentikan dari KKI, Prof Marsis Tegaskan Tak Terkait Dokter Terawan
Artikel Selanjutnya
Menkes Terawan: Minum Beras Kencur biar Semua Permasalahan Hancur