Sukses

Berseragam Korpri, Menkes Terawan: Saya Bangga jadi ASN

Di Hari Sumpah Pemuda, Menkes Terawan bercerita soal pengalaman pertama mengenakan seragam Korpri.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia dr Terawan Agus Putranto menghadiri Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Gedung BKKBN Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin, 28 Oktober 2019.

Terawan hadir di lokasi acara sekitar pukul 10.30 WIB didampingi Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo SpOG(K), Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kirana Pritasari, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Bambang Wibowo, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi.

Dalam pertemuan tersebut, Terawan mendengarkan curahan hati (curhat) yang disampaikan Hasto. Di antaranya mengenai stunting, iuran BPJS Kesehatan, alat kontrasepsi, jarak kehamilan, dan usia pernikahan ideal.

Di sela-sela diskusi tersebut, Terawan bercerita soal pengalaman pertama berbaju Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Terawan masih belum percaya bahwa sekarang dia adalah bagian dari aparatur sipil negara (ASN).

"Sesuai dengan hari ini Hari Sumpah Pemuda. Saya bersyukur di Hari Sumpah Pemuda ini untuk pertama kalinya saya berbaju Korpri," kata Menkes.

"Saya tadi tolah-toleh diri saya, betul tidak ini seragam saya? Karena saya baru dikasih sekitar pukul 10.00 malam," Terawan melanjutkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Ingin Beli Seragam di Pasar Senen

Menurut cerita Terawan, dirinya bahkan sempat berpikiran untuk berbelanja seragam Korpri di Pasar Senen atau Tanah Abang tadi malam. Namun, ajudannya meyakinkan bahwa baju yang akan dia kenakan pada hari ini sudah ada, tinggal dipakai saja.

"Saya ini kan orangnya biasanya cek dan ricek. Tahu-tahu di pagi hari sudah disiapkan yang saya pakai tapi saya tidak tahu ini cocok atau tidak warnanya," katanya.

Baju yang Terawan kenakan pada pertemuan di Gedung BKKBN adalah batik Korpri berwarna khas biru. Seragam ini  dikenakan hanya di tanggal dan hari-hari tertentu saja. 

"Saya tidak tahu tiba-tiba sudah diberikan dan saya bangga menjadi ASN," kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Soebroto ini. 

Saat ditanya bagaimana rasanya mengenakan seragam batik Korpri, Terawan mengaku senang. Selain itu, dia juga mengatakan seragam tersebut nyaman di badan.

"Ternyata nyaman. Makanya itu saya tanya, benar tidak ini atau salah karena jam 10.00 baru datang," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.