Sukses

Masalah Darurat yang Harus Dibenahi Menkes Terawan Agus Putranto

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Kesehatan Hasbullah Thabrany menyebut, ada permasalahan darurat yang perlu dibenahi dokter Terawan Agus Putranto, yang baru saja dilantik sebagai Menteri Kesehatan RI periode 2019-2024. 

"Dokter Terawan yang sekarang menjadi Menteri Kesehatan, saya berharap dalam dua bulan ini bisa membenahi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Saya pikir, masalah itu sangat urgent (darurat)," ungkap Hasbullah saat dihubungi Health Liputan6.com, Rabu (23/10/2019).

Permasalahan JKN-KIS, dalam hal ini BPJS Kesehatan, lanjut Hasbullah, termasuk penting diperbaiki dokter Terawan yang menjadi Menkes baru untuk waktu dekat ini.

Apalagi masalah defisit BPJS Kesehatan, yang mana bisa mengganggu pelayanan rumah sakit.

"Banyak rumah sakit yang kesulitan pelayanan terhadap pasien. Semua serba susah nanti dan pasien juga terganggu mendapatkan pelayanan. Ini persoalan jangka pendek yang harus diselesaikan ," lanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

Kematian Ibu dan Penanganan TBC

Selain menyoal BPJS Kesehatan, Hasbullah juga mengharapkan, di tangan dokter Terawan, permasalahan kematian ibu melahirkan serta tuberkulosis (TBC) dapat tertangani.

Angka kematian ibu (AKI) melahirkan di Indonesia yang dipublikasikan pada Konferensi Internasional Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (ICIFPRH) baru-baru ini dilaporkan tinggi.

Rentang tahun 2018/2019, angka kematian ibu melahirkan mencapai 305 per 1000 kelahiran hidup. Sementara itu, target Indonesia mencapai eliminasi TBC pada 2030.

"Soal angka kematian ibu dan penanganan TBC ini jangka menengah. Bagaimana menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan mewujudkan Indonesia yang bebas TBC nanti," Hasbullah menambahkan. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Laporkan Dewi Tanjung soal Novel Baswedan, KontraS: Kami Bawa Bukti Presiden
Artikel Selanjutnya
Ini Nama Panggilan La Lembah Manah, Cucu Ketiga Jokowi