Sukses

Lupa Minum Pil KB, Harus Bagaimana?

Liputan6.com, Jakarta Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi modern dengan kandungan hormon estrogen dan progestron. 

"Pil kontrasepsi modern memiliki tingkat efektivitas proteksi kehamilan sebesar 98 – 99 persen,” kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan Boy Abidin di Jakarta beberapa saat lalu. 

Saat ini, tersedia pil kontrasepsi modern dengan kandungan Drospirenone 3 mg dan Ethinylestradiol 0,03 mg yang memiliki manfaat tambahan non-kontrasepsi seperti mempertahankan berat tubuh, mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan jerawat.

Efektivitas mencegah kehamilan bila perempuan minum pil KB secara teratur di waktu yang sama setiap hari. Di kemasan pun sudah ada petunjuk mengenai pil yang mesti dikonsumsi.

Konsumsi pil KB bisa dimulai di hari pertama haid. Namun, jika Anda baru saja melahirkan pil KB dapat dikonsumsi 21-28 hari setelahnya.

 

Menurut pamflet dari Bayer berjudul Ber-KB Cantik dan Tetap Langsing, jika Anda tidak sengaja lupa untuk meminum pil KB sebelum melewati 12 jam, segera minum tablet yang terlupa dan pil berikutnya secara bersamaan.

Bila Anda baru ingat setelah 12 jam atau lebih, di minggu pertama, segera minum pil yang terlupakan bersama dengan pil berikutnya. Pastikan, bila ingin berhubungan intim, gunakan alat kontrasepsi tambahan, seperti kondom, selama seminggu.

 

 

Penulis : Selma Vandika