Sukses

Sering Main Ponsel Saat BAB? Awas Ambeien

Kebiasaan membawa ponsel saat duduk di toilet baik saat BAB maupun kencing bisa meningkatkan risiko ambeien.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda termasuk orang yang membawa ponsel atau tablet saat buang air kecil maupun buang air besar (BAB) coba pikir-pikir lagi. Terlalu lama jongkok maupun duduk di toilet sambil bermain gawai bisa meningkatkan risiko ambeien atau memperburuk kondisi orang dengan ambeien (wasir).  

Posisi ketika duduk atau jongkok dalam waktu lama di kloset meningkatkan tekanan pembuluh darah di anus pada rektum bagian bawah. Kebiasaan membuka media sosial dan membalas pesan di gawai saat duduk atau jongkok di toilet ini bisa menimbulkan atau memperburuk ambeien seperti dilansir laman Medical Daily. 

Salah satu hal yang umum menjadi penyebab utama ambeien adalah mengejan ketika buang air. Mengejan dalam waktu lama ini membuat jaringan yang menyokong bantalan anal menjadi mengalami masalah.

Terdapat dua jenis ambeien yang bisa dialami oleh seseorang. Jenis pertama yaitu ambeien internal yang terjadi di dalam rektum sedangkan yang satu adalah ambeien eksternal yang muncul di bawah kulit sekitar anus.

 

Penggunaan ponsel sambil berlama-lama di kloset ini bahkan memiliki nama khusus. Hal ini disebut oleh Dato’ Dr. Meheshinder Singh, konsultan bedah umum dan kolorektal dari Pantai Medical Center in Kuala Lumpur, Malaysia, sebagai Toilet Newspaper Syndrome.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, sebaiknya hindari membawa benda apa pun ke dalam kamar mandi. Hal ini terutama ketika membawa benda yang bermanfaat untuk membunuh waktu.

 

Penulis: Rizky Wahyu/Merdeka.com

Saksikan juga video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.