Sukses

Kenali Penyakit Ambeien, Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi Sedini Mungkin

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh makanan yang sering dikonsumsi dan pola hidupnya. Jika seseorang tak menjaga pola hidup dan makan, tak heran jika suatu saat dapat mengalami penyakit yang tak mengenakkan.

Mengonsumsi makanan sehat, dapat memberikan energi yang baik dan tentu saja menyehatkan. Memenuhi makanan berserat salah satunya. Makanan berserat penting bagi organ tubuh manusia. Beberapa penyakit bisa muncul akibat kurangnya asupan makanan berserat dalam tubuh, penyakit ambeien salah satunya.

2 dari 6 halaman

Mengenal Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien adalah adanya benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Biasanya, penyakit ambeien disebabkan karena sering mengejan terlalu keras saat buang air besar.

Tekanan yang terlalu keras dan sering pada rektum dan anus, membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan. Dalam penyakit ini terdapat dua jenis yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid.

Sebenarnya penyakit ambeien untuk melihat tanda-tanda dan cara mengatasainya dapat dilakukan sendiri di rumah. Penyebab penyakit ambeien ini umumnya berasal dari hal-hal sederhana yang kerap kamu lakukan atau sedang dalam kondisi yang tidak fit.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut penyakit ambeien dengan penyebabnya, beberapa tanda-tanda dan cara mengatasinya yang bisa kamu identifikasikan sendiri di rumah, Kamis (14/3/2019).

3 dari 6 halaman

Tanda- tanda Penyakit Ambeien

Baik laki-laki maupun perempuan dapat mengalami penyakit ambeien. Penyakit ambeien menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan nyeri. Maka dari itu perlu kamu ketahui tanda-tanda penyakit ambeien. Beberapa tanda-tanda penyakit ambeien, antara lain:

1. Ada darah saat buang air besar

2. Muncul benjolan di area anus dengan rasa nyeri

3. Bengkak di area anus

4. Timbul rasa gatal dan iritasi pada area sekitar rektum

Darah yang muncul bersamaan saat buang air besar, biasanya memiliki warna yang merah terang. Ada baiknya jika kamu langsung berkonsultasi pada dokter agar ditindak dengan tepat dan cepat.

4 dari 6 halaman

Penyebab Penyakit Ambeien

Penyebab penyakit ambeien yaitu munculnya pembengkakan pada pembuluh darah vena. Pembengkakan bisa terjadi akibat meningkatnya tekanan pada bagian rektum bagian bawah. Faktor yang meningkatkan tekanan tersebut yaitu:

· Mengejan saat buang air besar

· Duduk terlalu lama

· Diare atau sembelit kronis

· Berat badan berlebih atau obesitas

· Hamil

· Sering mengangkat benda berat

· Kurang asupan makanan berserat akibat gaya hidup yang tak teratur

· Kurang berolahraga

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Ambeien

Terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Beberapa cara mengatasi penyakit ambeien dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi obat herbal alami atau dengan obat berdasarkan dari resep dokter. Berikut penjelasan cara menyembuhkan penyakit ambeien.

Dengan Cara Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk menyembuhkan penyakit ambeien, antara lain:

1. Cuka Apel.

Rendam kapas di cuka apel dan oleskan perlahan di daerah ambeien.

2. Lidah Buaya.

Cuci bersih lidah buaya kemudian blender. Konsumsi jus lidah buaya setiap hari agar saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak sehingga mencegah penyumbatan.

3. Bawang Putih.

Tumbuk halus bawang putih kemudian oleskan pada benjolan di sekitar anus. Atau untuk melawan bakteri bisa konsumsi jus bawang putih setiap hari agar benjolan ambeien segera kempes.

4. Kulit Manggis.

Keringkan kulit manggis kemudian rebus dan minum air rebusan tersebut setiap hari.

5. Daun Sirsak.

Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral kemudian rebus. Minum rebusan air daun sirsak setiap pagi dan malam

6. Akar kangkung.

Cuci bersih batang dan akar kangkung kemudian rebus dengan 2 gelas air putih. Minum air rebusan tersebut setiap hari.

7. Urang-aring.

Terdapat dua cara menggunakan urang-aring sebagai obat ambeien. Untuk diminum, rebus daunnya dan minum air rebusannya. Untuk dioleskan, tumbuk daun urang-aring hingga halus dan oleskan pada benjolan.

Dengan Cara Medis

1. Dengan obat ambeien dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat penyakit ambeien

2. Menjalani operasi pengangkatan penyakit ambeien. Operasi angkat ambeien disebut juga dengan hemoroidektomi. Hemoroidektomi adalah cara mengobati penyakit ambeien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan pendarahan.

6 dari 6 halaman

Pencegahan Penyakit Ambeien

Setelah mengetahui penyebab penyakit ambeien dan cara mengatasinya sebaiknya lakukan kebiasaan-kebiasaan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat mengatasi penyakit tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyebab ambeien adalah:

1. Mengonsumsi makanan dengan serat tinggi dan minum air putih secara rutin

2. Duduk di bak mandi dengan air hangat selama 10 menit

3. Banyak melakukan kegiatan olahraga

4. Jagalah kebersihan di area anus

5. Jangan gunakan kertas pembersih toilet kering

6. Jika sudah mengalami ambeien kompres dingin anus dengan menggunakan kantong es untuk meredakan bengkak.

Demikian penjelasan penyakit ambeien terkait tanda-tandanya dan cara mengatasinya. Jika kamu atau orang di sekitarmu mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya langsung menghubungi pihak medis.

Penting untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Penyakit ambeien dapat menyerang siapa saja jadi berhati-hatilah.

Ini Alasan Finlandia Kembali Ditetapkan Negara Terbahagia
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyakit Gonore (Kencing Nanah), Ini Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya
Artikel Selanjutnya
Jenis Kayu yang Cocok untuk Furniture, dari Tampilan Mewah Hingga Minimalis