Sukses

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

Di balik rasanya yang manis madu juga memiliki segudang khasiat.

Liputan6.com, Jakarta - Madu tidak hanya digunakan dalam campuran makanan atau minuman karena rasa manis alami yang dihasilkannya. Dibalik rasanya yang manis madu juga memiliki segudang khasiat.

Menurut Mona associet professor klinis di Yale Department of Dermatology madu memiliki sifat penyembuhan secara alami sehingga baik digunakan untuk penyembuh luka.

Selain bermanfaat bagi penyembuh luka dan memiliki khasiat lain bagi kesehatan, madu juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Menurut Dendy seorang ahli bedah kulit dari New York, madu mengandung sifat antiseptik, antibakteri, dan anti-inflamasi alami.

Madu yang terbaik untuk kecantikan kulit adalah madu alami yang tidak dicampur dengan zat- zat tambahan lain. Lantas, manfaat apa saja yang bisa diberikan madu bagi kecantikan? Berikut ini ulasannya, seperti dilansir dari laman Womens Health pada Senin, 26 Agustus 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Madu untuk Masker Wajah

1. Masker wajah

"Dengan efek pelembab dan menenangkannya, madu alami dapat melembutkan kulit, menjadikannya lembut, dan bercahaya,"ujar Ildi Pekar seorang pemilik gerai kecantikan Ildi Pekar Skin Care, New York, Amerika Serikat.

Menurutnya, gula alami yang terkandung dalam madu bertindak sebagai pelembab alami dan emolien yang meningkatkan kadar air sehingga mengurangi kekeringan pada kulit bahkan setelah dibilas.

Cara penggunaannya cukup oleskan madu asli langsung pada kulit dan biarkan hingga 20 menit, lalu bilas sambil memijat seluruh area wajah sampai madu tidak menempel.

2. Memelihara kulit yang rusak

Kandungan antioksidan dalam madu dapat memelihara kulit yang rusak. Madu dapat membantu proses penyembuhan bekas luka. Madu juga dapat mengurangi tampilan bekas stretch mark.

Penggunaannya mudah, langsung saja oleskan madu alami ke area yang sakit dengan gerakan memutar selama satu hingga dua menit, kemudian dibilas.

 

3 dari 4 halaman

Madu untuk Perawatan Jerawat

3. Pengobatan jerawat

Madu bagus digunakan untuk jerawat. Madu adalah anti-inflamsi, yang membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Antibakterinya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

"Madu menjadikan kulit tetap terhidrasi dan seimbang, madu membantu mengontrol produksi minyak pada kulit," jelas Pekar.

Dengan mengoleskan madu pada area jerawat dan diyamkan selama 10 hingga 15 menit sebelum dibilas dan jika rutin dilakukan akan membantu pengobatan jerawat Anda.

4. Kondisioner

"Madu secara alami adalah kondisioner yang sempurna karena dapat mempertahankan serta menarik kelembapan, menjaga rambut Anda teras halus dan sehat," ujar Felix seorang penata rambut.

Untuk pengaplikasiannya Felix menyarankan untuk campurkan seperempat cangkir madu murni dengan air untuk mengencerkannya, sehingga Anda dapat menyebarkannya ke seluruh bagian rambut Anda.

Usapkan madu yang telah dicampur air ke rambut yang basah setelah keramas selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.

 

4 dari 4 halaman

Madu Sebagai Pelembab Bibir

5. Pelembab bibir

Selain baik bagi pelembab kulit madu juga baik digunakan untuk melembabkan bibir yang pecah-pecah.

Cara penggunaannya juga mudah, cukup mnegoleskan madu pada bibir yang pecah-pecah, diamkan beberapa menit, lalu bilas.

Penulis : Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.