Sukses

5 Tips Kenalkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak

Berikut lima tips yang bisa kita terapkan untuk mengajarkan si Kecil membaca buku,

Liputan6.com, Jakarta Salah satu manfaat mengenalkan kebiasaan membaca buku kepada anak adalah terjalin interaksi antara orangtua dan anak. Dengan cara yang tepat, orangtua terutama ibu bisa menularkan kebiasaan membaca dan manfaatnya pada anak. Berikut tips mengenalkan kebiasaan membaca buku pada anak dari Mommy Intan Sukma Utami melalui Babyologist.

Hal terpenting dari manfaat membaca buku yaitu adanya interaksi antara kita dan Si baby. Jadi, disarankan untuk gak hanya sekadar membaca kata demi kata. Tapi buatlah menjadi ajang interaksi menarik dengan si baby.

Misal di buku ada gambar rubah dan kucing. Kita tanya, "Nah yang mana yang rubah dek?" Meskipun baby belum mengerti, dia akan merespon pertanyaan kita dengan bahasanya sendiri.

Lalu kita bisa melanjutkan, "Iyaa, yang ini rubah, yang warna cokelat. Warna apa rubahnya dek? Coklaattt".

Tips lain yang bisa kita terapkan untuk mengajarkan si Kecil membaca, antara lain:

1. PILIHAN BUKU

Ini penting ya, krn apa yg ada didalam buku inilah yg bikin baby tertarik. Misal buku dgn warna cerah, banyak gambar, atau buku yg punya fitur musik dan unik.

Sebaiknya buku yg diberikan lembarannya terbuat dari kertas tebal, dan pinggirannya gak tajam, bisa juga buku yg terbuat dari kain.

2. INTONASI SUARA

Gunakan intonasi suara yg berbeda2 untuk setiap kata. Kita jg bisa ubah suara kita seperti karakter dalam buku agar si baby senang, tertarik, dan tetap fokus pada aktivitas membaca.

3. LUANGKAN WAKTU

Membaca bisa dilakukan kapanpun. Gak harus pada waktu2 tertentu. Sebentar2 aja juga gak masalah.

4. GAK HARUS DARI HALAMAN PERTAMA

Lebih simpel lagi, misalkan si baby udah bisa membuka buku, biarkan dia yg membuka buku. Halaman mana yg terbuka, dari sanalah kita memulai. Jadi Moms tidak harus membacanya sejak halaman paling pertama.

5. MEMBACA DI HADAPANNYA

Biasakanlah untuk membaca di hadapannya. Si baby cenderung akan meniru orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu, Si baby akan ikut tertarik membaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.