Sukses

4 Cara Bangun Kepercayaan Saat Jalani Hubungan Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta Menjalani hubungan jarak jauh (long distance relationship) tidak mudah. Bila tidak ada komitmen kuat serta kepercayaan, jarak ratusan bahkan ribuan kilometer bisa hancur. 

Menambahkan beberapa cara untuk membangun kepercayaan dalam hubungan. Sehingga Anda dan pasangan merasa percaya diri dengan hubungan kalian berdua walaupun berada di kejauhan.

“Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah memahami bagaimana kepercayaan Anda bekerja. Karena dengan memahami berbagai faktor, Anda dapat mengatasi persoalan yang mungkin timbul dan memperkuatan ikatan Anda,” ucap Irene Fehr, seorang pakar seks dan hubungan asal Amerika Serikat.

Fehr menambahkan, menjadi terbuka tentang apa yang terjadi secara konsisten dan menepati omongan Anda dapat membuat kepercayaan semakin kuat.

Seperti yang dilansir dari Elite Daily, berikut empat cara membangun kepercayaan dalam hubungan jarak jauh.

 1. Bicarakan tentang harapan Anda

Jika akan berpisah dalam jangka waktu yang lama, Anda perlu mengomunikasikan kebutuhan dan harapan sebelum berpisah.

“Semakin terbuka tentang apa yang Anda butuhkan, dan sebaliknya, semakin Anda bisa memenuhinya dan mencegah timbulnya kesalahpahaman,” jelas Fehr.

Anda mungkin tidak secara langsung mendapatkan jawabannya, tetapi hal tersebut dapat memulai percakapan dan mengeksplorasi solusi yang bisa kalian terapkan.

Erika Ettin, seorang pakar kencan dan pendiri A Little Nudge, AS, mengatakan komunikasi sangat penting untuk mengisi hari-hari sebelum Anda dan pasangan terpisahkan oleh jarak.

 

 

2 dari 4 halaman

2. Kesepakatan Membuat Batasan

Batas yang dimaksudkan adalah apa yang boleh dan tidak untuk Anda lakukan. Misalnya seperti, apakah Anda setuju jika dia jalan dengan orang lain? Apakah Anda terbuka jika melihat pasangan bersama orang lain?

Ketika mendiskusikan batasan-batasan, kalian berdua dapat berterus terang tentang ketakutan Anda akan perpisahan.

 

3. Terbuka saat terpisah

Terbuka tentang perasaan dan kebutuhan adalah langkah awal yang penting, namun usaha tersebut tidak berakhir di situ. Fehr mengatakan, penting untuk bersikap dan jujur selama Anda jauh dari satu sama lain.

 “Bersikaplah transparan tentang apa pun yang muncul dan hindari rahasia. Ketahuilah bahwa pasangan Anda mempercayai Anda dan ada efek yang timbul jika Anda tidak melakukannya. Bahkan sekecil apa pun kesalahan dapat mengikis kepercayaan,” tambah Fehr.

Selalu terbuka tidak selalu mudah, tapi penting jika Anda ingin membangun dan mempertahankan kepercayaan.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Menepati Janji

Seiring dengan bersikap terbuka dan jujur, penting untuk menjadi konsisten dan dapat diandalkan. Jika tidak, Anda mungkin akan melemahkan kepercayaan yang telah dibangun.

“Kepercayaan dibangun melalui tindakan. Ketika Anda menjalankan kata-kata Anda, pada akhirnya itu akan membangun kepercayaan,” tutup Fehr.

Meskipun tidak selalu mudah, dengan membangun dan mempertahankan kepercayaan setidaknya bisa membuat ikatan menjadi lebih kuat dan hubungan menjadi layak untuk dipertahankan. 

 

Penulis: Diviya Agatha

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Loading