Sukses

5 Cara Mengolah Daging Kurban Jadi Lebih Empuk

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda mendapatkan daging kurban baik sapi atau kambing usai salat Iduladha. Hendak diolah menjadi apa? Entah bakal dibuat tongseng atau gulai, yang pasti daging bakal nikmat jika empuk.

Selain membungkus dengan daun pepaya atau parutan nanas muda, berikut cara lain membuat empuk daging kurban seperti dikutip She Knows, Minggu (11/8/2019).

1. Rendam dengan air lemon

Asam dapat membantu memecah daging yang keras. Anda bisa merendam daging dengan air lemon atau jeruk nipis untuk dapat membantu melunakkan protein yang keras dan melembekkan daging.

Tetapi perlu diingat, jangan merendamnya terlalu lama karena asam dapat melemahkan struktur protein dan akhirnya daging menjadi terlalu lunak dan lembek. Perkirakan waktu mulai 30 menit hingga dua jam dan periksa secara berkala untuk melihat apakah daging mulai terlihat matang di tepinya. Begitulah cara Anda mengetahui apakah daging sudah terlalu lama diasamkan.

 

2 dari 3 halaman

2. Rendam dengan Parutan Buah

Selain nanas, beberapa buah lain seperti pepaya, kiwi, dan pir mengandung enzim yang dapat melunakkan daging. Buat bubur atau purée dari buah-buahan ini dan tambahkan beberapa bumbu favorit Anda untuk mengasinkan daging dan melembutkannya.

Hati-hati, jangan biarkan daging dalam nanas terlalu lama karena enzim bromelain dalam nanas dapat bekerja dengan cepat.

3. Garam

Mengasinkan satu potongan daging dapat mengempukkannya. Lakukan selama satu atau dua jam sebelum memasak daging adalah cara yang efektif untuk memecah serat otot yang keras. Saat Anda siap memasak, cukup bilas garamnya, tepuk-tepuk daging dan bisa segera dimasak.

 

3 dari 3 halaman

4. Masak dengan Api Kecil

Memasak potongan daging yang keras dengan panas bersuhu rendah dalam waktu yang lama adalah cara yang bagus untuk melunakkannya. Anda bisa merebus daging hingga empuk dengan cara ini.

5. Baking Soda

Baking soda atau soda kue bersifat antasid yang dapat menetralkan asam. Soda kue meningkatkan pH pada permukaan daging dan membuat bagian luar daging lebih basa dan membuat protein daging menjadi renggang. Ketika protein tidak mengikat, daging tetap empuk bahkan setelah di masak.

Sesuai lansiran Livestrong, daging hanya perlu direndam selama 15-20 menit di larutan baking soda dan air agar daging empuk

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

Loading
Artikel Selanjutnya
Bikin Melek, Sarapan Pagi dengan Satai Rica Bawang Khas Gorontalo
Artikel Selanjutnya
Lomba hingga Urunan Makanan, Ini Kisah Mahasiswa Doktoral RI di AS Rayakan Idul Adha