Sukses

Sering Mandi dan Berenang Pakai Lensa Kontak Sebabkan Wanita Ini Buta

Liputan6.com, Jakarta Selalu lepas lensa kontak Anda saat berenang atau mandi jika tidak ingin mengalami kejadian seperti wanita Inggris ini.

Wanita 41 tahun yang tak disebutkan identitasnya lebih detail ini terkena infeksi langka yang membuat salah satu matanya buta. Kondisi tersebut berkembang karena kebiasaannya menggunakan lensa kontak meski sedang berenang dan mandi.

Dilansir dari Live Science pada Minggu (21/7/2019), wanita ini mendatangi dokter setelah penglihatan mata kirinya kabur, terasa sakit, dan sensitif terhadap cahaya selama dua bulan.

Laporan yang dimuat di jurnal The New England Journal of Medicine mengungkapkan bahwa pasien sering mengenakan lensa kontak sekali pakai saat mandi dan berenang.

2 dari 4 halaman

Terkena Infeksi

Tes mata memperlihatkan bahwa penglihatan mata kirinya menurun drastis hingga 20/200. Bahkan, kondisinya sudah bisa disebut buta.

"Pasien mengalami kesulitan menjaga mata kirinya tetap terbuka selama pemeriksaan fisik, yang menunjukkan kemerahan konjungtiva," tulis para dokter dalam catatannya, seperti dikutip dari Fox News.

Dokter mendiagnosis wanita ini dengan acanthamoeba keratitis. Infeksi yang mengancam penglihatan ini sangat terkait dengan penggunaan lensa kontak.

Centers for Disease Control and Infection (CDC) menyatakan bahwa kondisi ini disebabkan oleh organisme bersel tunggal yang disebut Acanthamoeba.

"Acanthamoeba menyebabkan Acanthamoeba keratitis ketika menginfeksi penutup luar transparan mata yang disebut kornea. Acanthamoeba sangat umum di alam dan dapat ditemukan di badan air (misalnya, danau dan lautan), tanah, dan udara," tulis CDC.

3 dari 4 halaman

Bukan Kasus Pertama

Pasien harus mendapatkan perawatan dengan obat untuk membersihkan infeksinya. Namun, bekas luka di korneanya membuat penglihatannya rusak.

Diketahui setahun kemudian, dia mendapatkan transplantasi kornea parsial, yang menggantikan sebagian jaringan kornea rusak dengan jaringan sehat dari donor orang yang sudah meninggal.

Operasi ini membuat penglihatannya sedikit membaik walau tidak sebagus dulu. Setidaknya, itu membuat matanya tidak terasa sakit lagi.

Ini bukan pertama kalinya seseorang terkena infeksi karena menggunakan lensa kontak saat mandi. Baru-baru ini, seorang pria di Inggris juga masalah yang sama dan buta satu mata karena kondisi itu.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini