Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Kenali, 5 Penyebab Mual Usai Bercinta

Beberapa wanita malah mengeluh mual usai berhubungan intim.

Liputan6.com, Jakarta Usai bercinta tak selalu diisi dengan kepuasan. Beberapa wanita malah mengeluh mual usai berhubungan intim. 

Memang mual usai bercinta bukanlah hal yang umum terjadi. Hal tersebut bisa saja terjadi dikarenakan Anda terbiasa melakukan hubungan seks setelah mengonsumsi minuman beralkohol.

Tak hanya itu, masih banyak hal-hal lain yang memicu terjadinya mual setelah bercinta. Berikut ini merupakan penyebabnya yang telah dipaparkan asisten profesor dan Direktur divisi Bedah Ginekologi Invasif University of North Carolina's Minimally, Amerika Serikat, Erin Carey, dilansir Women's Health, Rabu (17/7/2019).

1. Penetrasi terlalu dalam

Menurut Carey, salah satu alasan mual usai berhubungan seks adalah karena tingkat penetrasi yang melampaui batas kenyamanan Anda.

"Penetrasi yang dalam memanipulasi organ panggul seperti rahim dan leher rahim. Dan setiap manipulasi serviks itu menghasilkan respons vagal yang membuat mual," jelas Carey.

Respons vagal adalah respons otomatis di dalam tubuh Anda yang terjadi sebagai akibat saraf vagus, yang menghubungkan otak Anda dengan beberapa area kunci pada tubuh, mendapatkan rangsangan. Kondisi tersebut memunculkan rasa mual. 

Jika hal ini terjadi, reaksi ini cenderung akan hilang dengan cepat. Carey menganjurkan untuk berbaring, mengangkat kaki dan mengambil napas dalam-dalam untuk meredakan gejala-gejala tersebut.

Adapun solusi jangka panjang yang dianjurkan adalah dengan mengkomunikasikan dengan pasangan tentang posisi seks lain yang memungkinkan Anda untuk mengontrol seberapa dalam dan sekaligus melindungi leher rahim agar tidak terkena hentakan terlalu keras

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Goncangan terlalu kuat

Rasa mual diperut setelah berhubungan seks mungkin diakibatkan seberapa kuat anda melakukannya. Seperti halnya ketika merasa mabuk perjalanan baik dimobil atau kapal. Guncangan pada ranjang juga menjadi penyebab yang sangat umum sehingga mual terasa pascaseks.

Lantas apa yang harus Anda lakukan? Menyesuaikan kecepatan Anda saat bercinta bisa menjadi jalan agar rasa mual tidak terasa setelah bercinta.

3. Orgasme

Bagi sebagian orang orgasme dahsyat dapat terasa sangat menyakitkan sehingga menyebabkan mual ringan. Carey merekomendasikan obat ibuprofen untuk menghilngkan rasa sakit tersebut.

4. Kista

Mual yang terjadi mungkin merupakan tanda bahwa sesuatu hal yang lebih serius pada kesehatan Anda. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada organ panggul Anda yang kemudian membuat mual. Untuk mengetahui terkait hal itu sebaiknya memeriksakan diri ke ahli kandungan untuk diuji dan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan rekomendasi dokter.

5. Respons emosional

Jika Anda berada dihubungan yang kasar atau tidak sehat hal itu akan mempengaruhi pikiran dan tubuh sepenuhnya. Hubungan masal lalu mungkin dapat membawa kembali emosi ketika berhubungan seks dengan pasangan sehingga tidak nyaman yang kemudian berujung mual. 

 

Penulis : Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.