Sukses

Dulu 2 Piring, Sekarang Arya Permana Hanya Makan 7 Sendok Nasi

Liputan6.com, Bandung Saat dulu Arya Permana (13) masih berbobot 190 kg sekali makan bisa menghabiskan dua porsi orang dewasa dan mencamil sesisir pisang. Namun, usai menjalani operasi penyempitan lambung porsi makannya berkurang drastis.

Menurut orangtua Arya Permana, Ade Sumantri, penurunan porsi makan itu usai operasi penyempitan lambung di RS Omni Alam Sutera, Tangerang, pada April 2017 lalu.

"Kalau dulu makannya banyak, sekarang paling tujuh suap atau sembilan sendok makan nasi itu sekarang sudah kenyang. Kalau dulu kan sekali makan bisa sampai dua piring orang dewasa. Sekarang sudah enggak lagi," kata Ade di RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Jawa Barat pada Rabu (17/7/2019).

Jika, Arya makan dalam jumlah banyak malah yang akan muntah. "Pokoknya secara otomatis, kalau makannya banyak enggak bisa bohong. Pasti dia merasa mual - mual dan akhirnya muntah," lanjut Ade.

Selain itu, pihak RSHS juga memberikan menu khusus kepada Arya. Makanan yang diberikan dengan menekan serendah mungkin kandungan karbohidrat. Dengan perubahan porsi makan serta pengaruan jenis makanan, maka kini bobot Arya di angka 87 kg.

 

 

2 dari 3 halaman

Arya Menikmati Proses Medis

Penurunan berat badan dalam jumlah tidak sedikit membuat kulit remaja asal Karawang, Jawa Barat ini menggelambir. Sepekan lagi, tim RSHS akan melakukan operasi bedah plastik untuk mengikis kelebihan kulit di daerah dada, lengan, tangan dan kaki.

Tim dokter juga sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum operasi. Pemeriksaan itu diantaranya adalah pemeriksaan jantung, contoh darah dan kejiwaan.

Selain itu kata Ade, Arya disarankan untuk mengolah kebugaran tubuhnya. Hal itu bertujuan untuk menguatkan otot - otot tubuh Arya.

"Selama ini dan kini masih dibimbing untuk pengerasan otot sama Om Ade Rai. Kalau kita ada waktu setiap ke Bandung, pasti disuruh mampir ke Cihampelas ke gym-nya," ujar Ade.

Ade menyebut putranya sangat menikmati seluruh proses medis yang dijalaninya. Terutama dalam menghadapi tindakan operasi bedah plastik pekan mendatang.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20 Plus 5G?
Artikel Selanjutnya
XL Perpanjang Akses 2GB per Hari Gratis untuk Aplikasi Belajar di Rumah