Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

4 Perubahan pada Vagina Saat Hamil

Aroma hingga warna, berikut perubahan yang terjadi pada vagina saat hamil.

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma ukuran perut yang membesar, saat hamil wanita juga mengalami perubahan pada vagina. Mulai dari warna, sensitivitas, hingga aroma.

Perubahan pada vagina merupakan hal yang wajar karena ada janin yang tumbuh di dalam wanita. Berikut beberapa perubahan yang terjadi pada vagina seperti dilansir Romper, Selasa (16/7/2019).

1. Aroma baru

Saat hamil wanita akan lebih sensistif terhadap aroma dan terjadi perubahan juga terhadap aroma vagina.

"Hal ini terjadi karena ada peningkatan suplai darah ke vagina hal ini berimbas kepada perubahan keseimbangan pH vagina," kata dokter kebidanan dan kandungan dari New York University Langone Medical Center, Miriam Greene.

2. Keluar cairan

Hormon kehamilan merangsang selaput lendir menghasilkan leukorrhea. Cairan berwaran putih susu ini membantu menjaga keseimbangan bakteri di vagina seperti mengutip American Pregnancy Association.

Jika mendapati cairan berbau tajam jangan ragu mengkonsultasikan ke dokter. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lebih sensitif

Aliran darah yang meningkat membuat vulva jadi lebih memebsar dan sensitif. Kondisi ini membuat banyak ibu hamil mengatakan dirinya merasakan orgasme lebih dahysat dari saat tidak hamil.

4. Perubahan warna

Jika Anda atau pasangan melihat labia dan vulva berwarna kebiruan jangan panik. Menurut Mayo Clinic, warna di organ intim saat hamil itu normal. Hal ini terjadi karena meningkatknya aliran darah dan hormon kehamilan yang memengaruhi pigmen kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.