Sukses

Tanda-Tanda Glioblastoma, Kanker Otak yang Menyerang Agung Hercules

Liputan6.com, Jakarta Aktor sekaligus penyanyi Agung Hercules dikabarkan tengah berjuang menghadapi kanker otak stadium IV.

Informasi mengenai kondisi kesehatan pelantun lagu "Astuti" itu didapat dari temannya, Bedu. "Sakit cancer di otak kiri. Glioblastoma stadium 4. Pertumbuhannya sangat cepat."

Namun kabarnya kini Agung Hercules telah kembali ke rumah setelah menjalani perawatan di RSUD Tangerang.

Bicara mengenai glioblastoma, ini merupakan salah satu dari empat tipe kanker glioma atau jenis tumor yang biasanya muncul di otak atau tulang belakang. Glioblastoma adalah tipe kanker otak paling ganas yang umumnya menyerang orang dewasa. Pertumbuhannya sel kankernya sangat agresif dan menyebar dengan cepat.

 

2 dari 3 halaman

Lebih banyak menyerang pria

Mengutip laman WebMD, glioblastoma terbentuk dari sel-sel berbentuk bintang di otak yang disebut astrocytes. Pada orang dewasa, kanker ini bisanya muncul di bagian terbesar otak atau cerebrum.

Salah satu alasan pertumbuhan Glioblastoma begitu cepat karena kanker ini memiliki suplai darah sendiri. Sel-sel kanker ini sangat mudah menyerang jaringan otak normal.

Laman WebMD juga mencatat, glioblastoma bukanlah tipe kanker otak yang umum. Namun, umumnya kanker ini lebih banyak diderita oleh pria ketimbang wanita. Dan kemungkinan untuk mengidap kanker jenis ini akan bertambah dengan seiring bertambahnya usia.

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Glioblastoma

Pertumbuhan dan persebaran kanker yang juga dikenal dengan sebutan glioblastoma multiforme ini begitu cepat dan bisa sangat sulit untuk diobati. Mengutip laman Mayoclinic, seringkali pengobatan jenis kanker ini menunjukkan kemajuan yang lambat.

Penting untuk mengenali tanda-tanda atau gejala munculnya glioblastoma. Menutip WebMD, berikut beberapa tanda yang bisa Anda cermati:

  • Sakit kepala konstan
  • Kejang
  • Muntah
  • Kesulitan berpikir
  • Perubahan mood atau kepribadian
  • Pandangan berbayang atau kabur
  • Kesulitan bicara

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Idap Kanker Otak Stadium 4, Agung Hercules Dirawat di Rumah?
Artikel Selanjutnya
Ikhtiar Taklukkan Kanker, Sutopo Pamit Berobat ke Guangzhou