Sukses

Anak dari Ibu yang Mual Saat Hamil Punya IQ di Atas Rata-Rata?

Liputan6.com, Jakarta Calon ibu yang merasakan mual selama masa kehamilan akan menganggap kondisi tersebut amat menyiksa.

Bagaimana tidak? Rasa mual menyebabkan tubuh sulit menerima makanan apa pun yang masuk. Seringkali makanan yang masuk akan keluar melalui muntahan, lantaran mual yang tak tertahankan itu.

Ditambah pula dengan kemunculan sakit kepala di saat yang bersamaan, membuat suasana ibu hamil jadi tak karuan.

Namun, bersyukurlah merasakannya. Siapa sangka kalau munculnya mual bisa jadi pertanda baik.

Indikasi kalau kehamilan bakal berjalan lebih lancar dan perkembangan janin terjadi dengan optimal. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasi dalam The Journal of Pediatrics.

Penelitian tersebut mengungkap, bahw mual yang terjadi selama kehamilan adalah tanda IQ tinggi pada anak-anak. Selain itu, semakin tinggi intensitas mual, semakin tinggi pula prediksi kecerdasan anak-anak.

 

2 dari 3 halaman

Penelitian Tentang Ibu Hamil

Penelitian ini melibatkan 121 wanita yang menjadi hamil antara tahun 1998 dan 2003, dan tingkat IQ anak-anak dianalisis ketika mereka berusia antara 3 dan 7 tahun.

Anak-anak dari ibu yang mengalami mual mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ daripada mereka yang ibunya tidak menderita mual selama kehamilan mereka.

Studi lain, seperti yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, mengungkapkan bahwa mual di pagi hari selama kehamilan juga patut disyukuri. Pasalnya, kondisi mual berkaitan dengan penurunan risiko keguguran.

 

3 dari 3 halaman

Fungsi Mual Saat Hamil

Dengan kata lain, rasa mual ternyata memiliki fungsi protektif yaitu pertanda kalau kadar hormon kehamilan dalam tubuh ibu cukup tinggi untuk mempertahankan kehamilan. Rasa mual sendiri bisa terjadi pada ibu hamil karena meningkatnya hormon human chorionic gonadotropin (GCH).

Efek bagi tubuh ibu saat hormon tersebut naik adalah mual, pusing, hingga muntah. Meningkatnya hormon ini juga bakal membuat tubuh ibu jadi tempat ideal bagi perkembangan plasenta dan pertumbuhan saraf janin lebih optimal.

Jadi Sahabat Dream, jangan langsung kesal saat mual hebat. Rasa mual tersebut ternyata patut disyukuri.

 

Penulis : Mutia Nugraheni/ Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Didiagnosis Lupus, Apakah Wanita Masih Bisa Hamil?
Artikel Selanjutnya
Studi: Ibu Hamil yang Sering Mual Berpeluang Miliki Bayi Cerdas