Sukses

Tak Baik Luluran Setiap Hari, Bikin Kulit Cepat Rusak

Jangan terlalu sering luluran

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit wanita yang beranggapan dengan luluran atau scrubbing setiap hari, membuat kulit lebih halus dan bersih. Padahal, faktanya tidak demikian.

"Scrubbing tubuh atau luluran sebenarnya bukan perawatan terlalu penting untuk dilakukan setiap hari. Kalau sudah mandi, nggak perlu luluran," tutur Kardiana Dewi, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, akhir pekan ini.

Scrubbing memang dianjurkan, tapi tidak setiap hari. Fungsi utamanya adalah mengangkat sel-sel kulit mati yang tak bisa dibersihkan hanya dengan mandi.

"Biasanya kan, suka mandi cepat-cepat. Kali ini benar-benar diperhatikan dan diharapkan sel kulit matinya pun terangkat," kata Kardiana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak dianjurkan

Karena tidak terlalu dianjurkan, scrubbing tubuh dianjurkan hanya dilakukan dua hingga empat kali dalam satu bulan agar kelembapan kulit tetap terjaga. Jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering.

"Sebulan sekali sudah cukup. Karena siklus kulit itu kan 28 hari. Jadi, yang dibuang hanya sel kulit mati, bukan kelembapan kulitnya," pesan Kardiana.

Penulis : Ismoko / dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini