Sukses

Seperti dr Ali Sungkar, Video Dokter yang Jago Redakan Tangis Bayi Pernah Viral

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang baru lahir terlihat begitu mungil dan rapuh sehingga membuat ortu, terutama ortu baru, kikuk menggendongnya. Namun, bila mengetahui tekniknya, menggendong bayi bukanlah perkara sulit dan bisa dilakukan dengan aman. Seperti yang diperlihatkan oleh sosok dokter dalam video yang baru-baru ini viral di media sosial.

Dalam video viral tersebut, sang dokter yang bertubuh tinggi besar menggendong seorang bayi mungil hanya dengan satu tangan. Seperti menggendong boneka, dokter dengan santainya mengayun-ayun bayi. Alih-alih menangis, sang bayi malah tampak tenang dan menikmati momen itu.

Diketahui, sosok dokter dalam video viral tersebut adalah Spesialis Obgyn serta pengajar di FKUI-RSCM, dr Ali Sungkar, SpOG-KFM. Mengutip laman Kapanlagi, dr Ali Sungkar yang kini berpraktik di Brawijaya Women Hospital dan Rumah Sakit Pondok Indah telah menjalani profesinya selama kurang lebih 28 tahun.

Aksi dr Ali Sungkar yang menggendong bayi dengan cara tak biasa itu tak hanya mendapat respons dari orang-orang yang hadir yang terekam dalam latar belakang video, melainkan juga dari warganet. Rata-rata warganet menyatakan ketakjuban dan kekaguman mereka atas kepiawaian sekaligus pengetahuan dr Ali Sungkar menggendong bayi.

 

 

2 dari 2 halaman

The Hold, teknik gendong bayi ala dr Bob Hamilton

Sebelum aksi dr Ali Sungkar menjadi viral, ada sosok dokter di belahan dunia lain yang juga mengundang decak kagum warganet pada 2015 ketika videonya mendunia. Dokter tersebut adalah Robert C. Hamilton, dokter spesialis anak dari Santa Monica, California, AS.

Dokter Hamilton telah berpraktik menjadi selama lebih dari 30 tahun. Itu sebabnya dr Hamilton amat piawai meredakan bayi yang rewel hanya dalam beberapa menit saja. Dia memiliki cara praktis untuk menenangkan bayi yang tengah menangis. Teknik tersebut diberi nama The Hold.

Dengan melipat kedua lengan bayi ke dadanya lalu menahan dada dan dagu bayi dengan telapak tangan kiri serta menyangga bokong bayi dengan tangan kanan, dr Hamilton mampu menenangkan bayi dalam waktu sekejap. Setelah kedudukan bayi nyaman dalam kedua telapak tangannya, dr Hamilton kemudian mengayun-ayun si bayi. Biasanya bayi akan terbuai, bahkan tertidur.