Sukses

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Segera Dihentikan

Liputan6.com, Jakarta Sering menahan buang air kecil? Jika iya, kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Selain menahan buang air kecil, seperti dilansir Reader's Digest (15/3/2019) berikut kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan berisiko timbulkan masalah kesehatan.

1. Menahan buang air kecil

"Jika Anda menahannya, aliran urine menjadi stagnan sehingga memberi kesempatan pada bakteri untuk tumbuh di kandung kemih. Hal ini mungkin berpindah hulu ke ginjal Anda," ucap Grant Fowler, wakil ketua dari Kedokteran keluarga di McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center, Amerika Serikat.

2. Terlalu sering mengunyah permen karet

Terlalu sering mengunyah permen karet dapat menyebabkan penekanan pada rahang. "Jika Anda temporomandibular menggunakan sendi terlalu banyak, dapat mengembangkan radang sendi dan rasa sakit," kata Jeannette South-Paul, Direktur Medis dari divisi layanan kesehatan masyarakat UPMC di Amerika

2 dari 3 halaman

3. Menggigit kuku

"Menggigit kuku Anda dapat menyebabkan kerusakan pada kuku dan infeksi kulit di sekitarnya. Hal ini disebut paronychia," jelas Direktur Medis dari Montefiore Medical Group, Amerika Asif Ansari.

"Selain itu, ini dapat memasukkan virus ke dalam tubuh, yang mengakibatkan pernapasan atas dan infeksi lainnya," tambahnya.

4. Menatap layar sepanjang hari

"Menatap layar komputer dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah visual, termasuk ketegangan mata dan bahkan kerusakan retina," ucap Ansari.

Dia menyarankan untuk mengikuti aturan 20-20-20 (setiap 20 menit istirahat dan setiap 20 detik menatap sesuatu yang berjarak 20 kaki).

"Ini mengurangi ketegangan pada mata dan juga meningkatkan kedipan, yang dapat menenangkan mata kering dan iritasi," katanya.

Hal ini juga berlaku pada layar ponsel.

3 dari 3 halaman

5. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama akan menimbulkan risiko banyak macam penyakit, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

"Ketika duduk, pastikan bahwa Anda menggunakan bagian belakang kursi untuk membantu Anda duduk tegak. Ini akan membantu meredakan ketegangan pada otot punggung Anda. Lutut juga harus berada pada sudut 90 derajat dan kaki rata di lantai," jelasnya.

6. Membawa tas berat di satu bahu

"Ketika membawa tas berat di satu sisi, hal itu dapat menyebabkan tekanan pada saraf yang datang di antara tulang belakang di leher," kata South-Paul.

Hal ini akan membuat mati rasa, kesemutan, sakit bahu. Tentu saja sesekali boleh menggunakan tas di satu bahu tapi jika barang memang berat pilihlah tas ransel.

 

 

Penulis: Dara Elizabeth

Membanggakan, Via Vallen Raih Penghargaan Musik Di Rusia
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Membuat Anda Terlihat Lebih Tua
Artikel Selanjutnya
8 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Buatmu Sulit Tidur