Sukses

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Kenali Mitos dan Faktanya Agar Tak Salah Duga

Selama ini banyak disebutkan ciri-ciri hamil anak perempuan, bagaimana faktanya?

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu bagi pasangan suami istri. Banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut jabang bayi. Hal yang paling membuat penasaran adalah jenis kelamin bayi yang dikandung.

Mengetahui jenis kelamin pada bayi dapat diketahui melalui untrasonografi atau USG yang dilakukan oleh dokter. Selain melalui pendapat dokter selama USG, apakah mungkin untuk memprediksi jenis kelamin bayi?

Teman dan keluarga mungkin memberitahukan ciri-ciri hamil anak perempuan atau laki-laki, tetapi sebagian besar dari ciri-ciri ini mungkin didasarkan pada mitos, bukan penjelasan ilmiah.

Sebelum canggihnya teknologi medis saat ini, banyak orang yang percaya mengenai mitos ciri-ciri hamil anak perempuan yang beredar.

Berikut mitos ciri-ciri hamil anak perempuan dan fakta dibaliknya yang berhasil Liputan6.com lansir dari Medical News Today, Selasa(12/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Morning Sickness Parah

Wanita hamil dengan morning sickness ekstrem dikaitkan dengan ciri-ciri hamil anak perempuan. Beberapa orang berpikir bahwa mual di pagi hari adalah ciri-ciri hamil anak perempuan. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa merasa sakit selama kehamilan dapat dikaitkan dengan jenis kelamin bayi.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa wanita yang mengandung anak perempuan mengalami lebih banyak peradangan ketika sistem kekebalan mereka terpapar bakteri dibandingkan dengan yang membawa anak laki-laki.

Perbedaan ini dapat berdampak pada cara ibu mengandung anak perempuan dengan mengalami mual di pagi hari. Mereka mungkin merasa lebih tidak sehat daripada yang mengandung anak laki-laki.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya jika ada hubungan antara mual di pagi hari dan jenis kelamin bayi.

Perubahan suasana hati yang ekstrem

Perubahan hormon selama kehamilan seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Beberapa orang berpikir bahwa wanita yang mengandung anak perempuan memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi sehingga lebih moody. Namun, penelitian tidak mendukung teori ini.

Tingkat hormon yang naik selama kehamilan dan akan setelah melahirkan tidak ada kaitannya dengan apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

Bentuk Perut

Banyak yang percaya jika bentuk perut terlihat tinggi atau menonjol ketas merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan. berat badan yang bertambah pada area perut juga diduga sebagai ciri-ciri hamil anak perempuan. Namun, bukti ilmiah tidak mendukung teori ini.

Bentuk perut dan berat badan pada wanita hamil tergantung pada tipe badan, pertambahan berat badan, tingkat kebugaran, dan kekuatan otot.

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda yang Dipercaya Saat Hamil Anak Perempuan

Ngidam Makanan Manis

Wanita sering mengalami masa ngidam saat hamil. Beberapa orang percaya jika seorang wanita ngidam makanan manis, hal ini merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan, sedangkan mengidam asin mungkin mengindikasikan seorang anak laki-laki.

Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa mengidam makanan selama kehamilan dapat menunjukkan jenis kelamin bayi.

Tingkat Stres yang Tinggi

Jika seorang wanita memiliki tingkat stres yang tinggi sebelum hamil, ia mungkin akan mengandung seorang anak perempuan.

Tingkat stres wanita sebelum hamil dapat memengaruhi jenis kelamin bayi. Sebuah studi tahun 2012 menemukan hubungan antara kadar hormon stres kortisol dan rasio kelahiran bayi laki-laki dan perempuan.

Dalam studi ini, wanita dengan tingkat kortisol tinggi secara statistik lebih mungkin untuk memiliki anak perempuan.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa dalam dua tahun setelah gempa bumi di pulau Zakynthos Yunani, tingkat kelahiran bayi laki-laki menurun. Para peneliti menduga bahwa peningkatan tingkat stres di komunitas pulau tersebut memengaruhi rasio kelahiran.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan antara stres dan jenis kelamin bayi yang belum lahir.

4 dari 4 halaman

Mitos dan Fakta Hamil Anak Perempuan

Kulit berminyak dan rambut kusam

Beberapa orang percaya bahwa memiliki kulit berminyak dan rambut kusam dapat berarti seorang wanita mengandung bayi perempuan.

Namun,keyakinan ini tidak berbasis ilmiah. Di sisi lain, perubahan dalam produksi minyak atau penampilan rambut selama kehamilan berhubungan dengan perubahan hormon atau perubahan dalam pola makan.

Detak jantung bayi yang cepat

Beberapa orang percaya bahwa jika jantung bayi berdetak cepat, merupakan ciri-ciri hamil anak perempuan. Menurut beberapa orang, kecepatan detak jantung lebih dari 140 denyut per menit berarti ibu mengandung bayi perempuan.

Para peneliti membantah mitos mengenai tingkat detak jantung yang menentukan jenis kelamin bayi beberapa dekade lalu dalam sebuah penelitian. Mereka tidak menemukan perbedaan signifikan antara denyut jantung pada janin laki-laki dan perempuan.

Denyut jantung bayi perempuan biasanya lebih cepat daripada bayi laki-laki. Hal ini benar namun setelah persalinan dimulai artinya benar saat bayi telah lahir ke dunina. Sebelum itu, usia janinlah yang benar-benar memengaruhi kecepatan detak jantung.

Sekitar minggu ke 5 kehamilan, detak jantung janin kira-kira sama dengan detak ibu, antara 80 hingga 85 detak per menit. Kecepatan ini akan terus meningkat sampai minggu ke 9, antara 170 dan 200 denyut per menit. Kemudian mulai melambat ke rata-rata antara 120 dan 160.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.