Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Organ Intim Jadi Berbau Saat Jalani Diet Keto, Apa Solusinya?

Liputan6.com, Jakarta Tampaknya diet ketogenik cukup berhasil bagi beberapa orang. Mereka mengaku berat badannya turun dengan cepat. Tapi, tak sedikit pula yang mengeluhkan efek samping diet keto. Beberapa orang lain percaya diet keto membuat aroma organ intim mereka berbau lebih menyengat atau dikenal dengan "keto crotch".

Mengambil kasus pada thread Reddit, beberapa individu berbagi cerita sering mengalami keputihan dan merasa kelaminnya lebih berbau setelah menjalani diet keto. Tak sedikit yang meminta solusi. Ada yang menyarankan memakai cuka apel, minum lebih banyak air, minum probiotik, dan menyeka bibir luar vagina dengan alkohol, atau menggunakan semprotan pewangi, tapi itu bisa berbahaya.

Dokter kandungan Lauren Streicher mengatakan, beberapa solusi yang disebutkan di atas belum terbukti secara ilmiah bisa membantu efek keto pada selangkangan dan jika bau aneh itu tetap ada, yang terbaik adalah menemui dokter.

Selain itu, Streicher mengatakan tidak ada penelitian yang menghubungkan diet keto dengan bau vagina, jadi tidak mungkin mengatakan diet sebagai penyebabnya.

"Salah satu masalah adalah ketika Anda melihat vaginosis bakteri, itu juga dapat menciptakan bau yang menyengat. Pertanyaannya adalah, apakah mereka memiliki bakteri vaginosis atau apakah itu terkait dengan makanan?" kata Streicher kepada Insider.

Obat-obatan yang disarankan, kata Streicher bisa saja tidak efektif, dan paling buruk bisa menyebabkan iritasi pada vagina atau vulva.

Solusi Usir Bau Vagina

Berikut adalah "obat" efek keto crotch yang direkomendasikan oleh internet dan apa yang harus Anda ketahui tentang risikonya.

1. Mandi atau disiram dengan cuka sari apel

Redditor KetoMe4ever mengatakan dengan menyiram dan minum cuka sari apel bisa mengatasi bau selangkangan. "Itu menghilangkan semua bau, napas, ketiak, kaki dan selangkangan," tulis mereka. Pengguna lain menambahkan douching alias pembilasan vagina dengan cairan - dengan cuka sari apel dan campuran air membantu mereka.

Tapi Streicher memperingatkan untuk tidak menggunakan cuka sari apel di sekitar alat kelamin karena dapat mengeringkan kulit halus labia. Douching dengan cuka, atau cairan apa pun, juga bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

"[Douching] dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit radang panggul dan infeksi bakteri. Setiap ginekolog akademik akan mengatakan jangan melakukan douche," kata Streicher.

Itu karena ketika air dibasuh ke dalam vagina dapat mendorong bakteri lebih jauh ke dalam leher rahim dan membuat infeksi yang ada menjadi lebih buruk atau menciptakan ketidakseimbangan bakteri yang menciptakan infeksi, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS). 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Minum air

2. Usap labia dengan alkohol atau disinfektan lainnya

Pengguna Reddit lainnya, 7shrowaway, mengatakan bmereka menyeka labia mereka dengan alkohol untuk menghilangkan bau selangkangan ketika menjalani keto.

"Saya melakukannya sekali seminggu dan itu berhasil," kata mereka.

Streicher mengatakan produk berbasis alkohol dapat mengiritasi kulit di sekitar alat kelamin dan tidak layak pakai.

"Kami [ginekolog] mengatakan tidak menggunakan produk ke vulva," katanya.

Sebaliknya, mencuci dengan air dan sabun ringan tanpa pewangi di kamar mandi adalah cara terbaik untuk membersihkan vulva dengan benar dan aman.

3. Minum banyak air setiap hari

Salah satu pengguna Reddit mengatakan lebih banyak air membantu menghilangkan aroma selangkangan

Untuk cara ini, memang tetap terhidrasi tidak dapat membahayakan, tapi tidak ada bukti ilmiah minum bnayak air akan menghilangkan bau genital.

"Seluruh gagasan tentang apa yang Anda makan atau minum menyebabkan perubahan bau genital belum pernah diteliti," kata Streicher.

3 dari 3 halaman

Menggunakan probiotik

4. Menutupi bau dengan semprotan feminin yang harum

Seperti douche, semprotan feminin dapat mengiritasi alat kelamin, tetapi di sekitar kulit yang terpapar daripada di dalam vagina. Menurut Ginekolog Donnica Moore semprotan ini sering sangat beraroma karena menggunakan bahan kimia.

Semprotan itu mungkin membantu menutupi bau yang tidak sedap, tetapi juga berpotensi menyebabkan gatal dan peradangan jika kulit bereaksi buruk. Ditambah lagi, vagina seharusnya memiliki bau alami. Bau itu biasanya berbeda dari orang ke orang. "Vagina Anda tidak perlu berbau seperti taman," kata Moore.

5. Menggunakan probiotik vagina atau oral

Redditor lain menyarankan meminum probiotik atau melalui supositoria vagina untuk meningkatkan bakteri sehat di vagina.

Menurut National Institutes of Health (NIH), probiotik memfasilitasi pertumbuhan lactobacillus, bakteri sehat di usus dan sistem genital, dan telah terbukti membantu mengobati vaginosis bakteri, infeksi yang sering menyebabkan bau vagina yang tidak menyenangkan,

Namun, Streicher mengatakan efektivitas probiotik hanya terbukti dalam mengobati bakteri vaginosis, sehingga tidak ada bukti bahwa mereka dapat memiliki efek yang sama pada bau keto selangkangan.

Streicher mengatakan daripasa mencoba salah satu dari pengobatan ini, lebih baik berkonsultasi dengan dokter jika genital masih saja berbau tidak normal.

"Ketakutan yang sebenarnya bagi saya, jika seseorang memiliki gejala-gejala ini dan berkata, 'Tidak apa-apa, saya sedang diet keto.' Saya tidak berpikir ada orang yang mengatakan itu," kata Streicher.perubahan bau genital belum pernah diteliti," kata Streicher.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Diet Keto Bikin Organ Intim Jadi Bau?
Artikel Selanjutnya
Pro Kontra Diet Keto yang Perlu Anda Tahu, Bisa Cepat Turunkan Berat Badan?