Sukses

Kondisi Ini Patut Dicurigai Sebagai Gejala Kanker Darah

Kondisi cepat lelah yang disertai gejala seperti ini bisa dicurigai kanker darah.

Liputan6.com, Jakarta Kanker darah yang diidap Ani Yudhoyono memang mengejutkan. Ani sendiri tak menyangka dirinya bisa sampai divonis seperti ini. Lantaran kanker tersebut tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Belajar dari pengalaman yang menimpa Ani Yudhoyono ini, dokter spesialis penyakit dalam, Andree Kurniawan mengingatkan kita untuk mengetahui apa saja gejala yang bisa dicurigai sebagai kanker darah.

Dengan begitu, kita bisa segera berkonsultasi ke dokter.

"Gejala bisa datang dengan keluhan cepat lelah, badan lemas, kadang-kadang pucat. Lalu beraktivitas terasa malas. Terkadang pasien suka mengalami pendarahan pada hidung dan bawah kulit," kata Andree dalam sebuah tayangan di akun YouTube presenter 'Ayo Hidup Sehat', Vito Anggarino Damay, dikutip pada Selasa, 19 Februari 2019.

Keluhan di atas yang bertahan lama sampai sebulan terus menerus disertai demam patut dicurigai tentang kanker darah. Gejala cepat lelah memang bisa dialami siapapun, tapi gejala lain yang menyertai, seperti demam harus diperhatikan.

Dalam video yang ditayangkan pada 16 Februari 2019 tersebut, Vito berbincang dengan Andree tentang kanker darah yang perlu diketahui masyarakat, salah satunya gejala.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdarah saat gosok gigi

Selain cepat lelah, gejala lain yang menyertai juga berdarah saat gosok gigi. Kondiis yang tak lazim ini harus dicurigai dan tak lazim.

"Apalagi disertai demam meriang saat malam hari. Jadi, mirip tuberkulosis (TBC) penyakit ini," kata Andree, yang sehari-hari berpraktik di Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang.

Kanker darah yang juga menyerang anak-anak harus diketahui. Saat melihat anak cepat lelah, lemas, mimisan, dan demam naik-turun atau hilang-timbul. harus curiga ada penyakit kanker darah. Pada orang dewasa biasanya perut begah, terutama di sebelah kiri.

Vito, yang juga dokter spesial jantung menyampaikan, masyarakat tidak takut berlebihan soal kanker darah.

"Namun, juga jangan anggap enteng, gejala lekas lelah dan demam yang tidak jelas sebabnya. Apalagi disertai mimisan atau perdarahan yang kelihatan ringan," tambah Vito kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.