Sukses

Turunkan Tekanan Darah hingga Hilangkan Nyeri, Ini 7 Manfaat Menakjubkan Tertawa

Liputan6.com, Jakarta Ada yang menyatakan bahwa obat terbaik untuk segala penyakit adalah tertawa. Namun, itu tak hanya sekedar isapan jempol semata.

Bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa tertawa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan tekanan darah hingga menghilangkan nyeri, berikut manfaat tertawa seperti dilansir dari laman Mental Floss, Selasa (19/2/2019).

1. Menurunkankan tekanan darah tinggi

Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi juga menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Salah satunya studi Journal of Dental and Medical Research menunjukkan pasien hemodialisis yang menonton tayangan lucu selama delapan minggu menunjukkan penurunan tekanan darah.

2. Pernapasan lebih baik

Tertawa dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, memperlancar laju pernapasan, dan terkontrolnya konsumsi oksigen yang serupa ketika berolahraga. Namun, berdasarkan salah satu penelitian dari International Journal of Humor Research 2009 hal ini memang hanya terjadi sebentar.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 2 halaman

3. Kesehatan jantung meningkat

 

Dengan menonton video atau tayangan lucu , tertawa membantu mengontrol detak jantung dan aliran darah Anda menjadi lebih baik. Menurut American Heart Association menunjukkan bahwa sering tetawa mengurangi peradangan arteri dan meningkatkan produksi HDL atau kolesterol baik.

4. Tertawa dapat membakar kalori

Sebuah studi tahun 2014 dari International Journal of Obesity menemukan bahwa tertawa dapat membakar kalori. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menonton video lucu, 10 kalori terbakar dalam 10 menit.

5. Tertawa dapat menghilangkan nyeri

Pada abad ke-14, Henri de Mondeville, ahli bedah dari Prancis, menggunakan humor untuk mengalihkan perhatian pasien dari rasa sakit saat operasi dan saat proses pemulihan.

6. Tertawa bisa menjadi obat antidepresan yang alami

Studi pada 2017 dari Journal of Adult Nursing menguji efek terapi tertawa pada 42 pasien. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien mengalami penurunan depresi, suasana hati stabil, dan meningkatnya kualitas tidur bila sering tertawa.

7. Meningkatkan imunitas

Setelah menjalani terapi tertawa, kadar imunoglobulin (IgA yakni antibodi yang memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh) pada ibu baru melahirkan meningkat.

 

Penulis: Dara Elizabeth

Kecelakaan Maut di Jalan Lintas Sumatera, 5 Tewas
Loading