Sukses

Alasan Lagu-lagu Lady Gaga Mudah Terngiang-ngiang di Kepala

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah setelah Anda mendengar sebuah lagu tertentu, lagu itu terngiang-ngiang terus di kepala Anda, bahkan secara tidak sadar? Bukan hanya pada musik yang disukai, namun juga yang mungkin Anda benci.

Mengalami lagu yang terputar berulang-ulang di otak adalah kejadian yang biasa dan dialami orang-orang di seluruh dunia. Namun, beberapa lagu mungkin saja "bersarang" di otak selama berhari-hari, lebih daripada yang lain.

Mengutip Open Culture pada Rabu (6/2/2019), sebuah studi yang dilakukan pada 2010 hingga 2013 mencoba mencari tahu tentang hal ini. Para peneliti dari Durham University, Goldsmiths, University of London, dan University of Tubingen mencari tahunya dalam sebuah studi berjudul "Dissecting an Earworm: Melodic Features of Song Popularity Predict Involuntary Musical Imagery."

Mengutip Billboard, para peneliti melakukan survei pada tiga ribu orang. Terungkap bahwa ada beberapa lagu yang paling mudah terngiang-ngiang. Salah satunya adalah beberapa lagu milik Lady Gaga.

"Dia memiliki tiga lagu dalam 10 teratas daftar 'earworm' kami. Lagunya 'Bad Romance' dituliskan oleh 33 persen partisipan dalam penelitian kami. 'Alejandro' dan 'Poker Face' berada di posisi 8 dan 9 pada posisi daftar kami. Jadi sepertinya artis tertentu lebih menonjol daripada yang lain," kata penulis utama Kelly Jakubowski.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Sederhana namun tak terlalu sederhana

Para peneliti mengungkapkan, alasan lagu "Bad Romance" mudah terngiang-ngiang adalah karena adanya dua segmen yang tidak terlupakan. Chorus yang mudah, serta bagian "rah rah" yang gampang tersangkut di kepala orang-orang.

"Kontur keseluruhan dari seluruh frasa atau melodi cenderung sangat generik (dalam lagu-lagu ini), seperti yang Anda temukan dalam sajak anak-anak atau 'Twinkle, Twinkle Little Star.' Meskipun pola keseluruhan, beberapa struktur interval dalam melodi itu langka atau tidak biasa," kata Jakubowski.

"Anda mungkin menemukan lompatan yang lebih besar (antara not) atau penurunan dan kenaikan nada yang lebih besar daripada yang Anda harapkan dalam lagu pop yang biasa."

Dia menambahkan, struktur lagu secara keseluruhan harus cukup sederhana sehingga dapat diingat kembali secara spontan dalam pikiran. Sehingga, ini tidak terlalu rumit dan sulit diingat.

"Namun di dalam itu, Anda memiliki beberapa interval menarik yang menambah ketidakpastian melodi."

"Sederhana, tetapi tidak terlalu sederhana, sehingga otak tidak kehilangan minat," imbuhnya.

Beberapa lagu yang berada dalam daftar "earworm" para peneliti sendiri adalah:

1. “Bad Romance,” Lady Gaga

2. “Can’t Get You Out of My Head,” Kylie Minogue

3. “Don’t Stop Believing,” Journey

4. “Somebody That I Used to Know,” Gotye

5. “Moves Like Jagger,” Maroon 5

6. “California Girls,” Katy Perry

7. “Bohemian Rhapsody,” Queen

8. “Alejandro,” Lady Gaga

9. “Poker Face,” Lady Gaga

Viral, Bayi Ini Diberi Nama Joko Widodo Ma'ruf

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Perlunya Pasangan Kekasih Mendengarkan Lagu Romantis Bersama
Artikel Selanjutnya
Suka Refleks Gerakkan Tubuh Saat Dengar Musik? Ini Penjelasannya