Sukses

Awas, Bahaya Mengintai dari Kebiasaan Merebus Botol Susu

 

Liputan6.com, Jakarta Peralatan makan dan minum bayi memang harus dalam keadaan steril sebelum digunakan. Dan salah satu cara yang kerap digunakan untuk mensterilkan peralatan seperti botol susu yakni dengan cara merebusnya. Padahal kebiasaan ini berbahaya bagi si Kecil, seperti pengalaman Mommy Elisa Februanti dari Babyologist.

Peralatan si Kecil harus selalu dijaga agar tetap bersih dan steril karena imunitasnya belum sekuat orang dewasa. Sehingga mereka mudah sekali terkena virus atau bakteri melalui benda secara kontak langsung dengan suatu benda. Salah satu benda yang sering sekali digunakan oleh si Kecil adalah botol susu.

Biasanya para orang tua mensterilkan botol setelah dicuci terlebih dahulu. Metode sterilisasi yang seringkali digunakan adalah dengan cara merebus botol di atas kompor hingga air mendidih. Jika Moms biasanya merebus botol atau peralatan si Kecil lainnya, sebaiknya cara ini ditinggalkan ya.

Ternyata proses sterilisasi dengan metode rebus sangat berbahaya bagi si Kecil karena bahan pembuatan botol susu yaitu Plastik Policarbonat bisa melepaskan senyawa kimia yang bernama BPA. BPA (Bisphenol-A) bisa berdampak negatif pada kesehatan si Kecil karena mempengaruhi sistem saraf, reproduksi, imunitas dan penyakit berbahaya lainnya termasuk kanker.

Selain itu, proses merebus juga bisa melelehkan botol susu dan merubah warnanya menjadi agak kekuningan yang berarti botol susu tersebut tidak bisa lagi digunakan. Jadi Moms yang belum memiliki alat steril khusus seperti steam atau UV sterilizer, maka Moms sebaiknya cukup merendam botol pada air panas dan tidak perlu direbus.

Semoga bermanfaat.

 

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Tips Atasi Sesak Napas Saat Hamil
Artikel Selanjutnya
5 Keseruan Mengurus Bayi Baru Lahir Bersama Mertua