Sukses

Menyebar, Kanker Melanoma Serang Paru-paru Pasien

Sel-sel kanker melanoma rupanya menyebar sampai batang paru-paru seorang pasien usia 70 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita 70 tahun dirujuk ke klinik paru dengan riwayat sesak napas selama dua bulan. Tubuhnya tidak responsif terhadap bronkodilator--obat-obatan untuk mengatasi kesulitan bernapas.

Tiga tahun sebelumnya, ia menjalani operasi melanoma--salah satu jenis kanker kulit--di bahu kirinya. Perlu pemeriksaan fisik untuk melihat kondisi paru-paru kirinya.

Computed tomography yang digunakan untuk memeriksa dada menunjukkan, ada luka pada batang kiri paru-paru.

"Pemeriksaan paru-paru memperlihatkan, ada tumor yang muncul pada bronkus (batang tenggorokan yang menuju paru-paru)," tulis dokter kanker Christopher Manley dari Fox Chase Cancer Center, Philadelphia, Amerika Serikat, dilansir dari The New England Journal of Medicine, Minggu (18/11/2018).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebaran kanker kulit

Pemeriksaan menunjukkan, pasien tersebut didiagnosis mengidap melanoma metastatik.

Kondisi itu menandakan sel-sel kanker melanoma telah menyebar sampai batang paru-paru. Tumor ganas melanoma itu bersarang di batang paru-paru.

Kesulitan bernapas dan sesak napas pasien sembuh setelah tumor diangkat. Pasien menjalani perawatan melanoma dengan trametinib dan dabrafenib.

Perawatan tersebut agar sel-sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini