Sukses

Orang Pintar Susah Cari Pacar? Ini Alasan Ilmiahnya

Ternyata, ada alasan mengapa terkadang orang pintar kesulitan dalam mencari pacar

Liputan6.com, Jakarta Sulit cari pacar? Mungkin salah satu hal yang kurang dari diri Anda adalah terlalu pintar. Paling tidak, hal itulah yang dinyatakan dalam sebuah penelitian.

Mengutip Times of India pada Kamis (25/10/2018), penelitian yang dilakukan di University of Western Australia melihat berbagai faktor yang membuat seorang pasangan tampak menarik. Kepintaran atau kecerdasan bukanlah faktor yang berada di paling atas.

Dua ratus orang dewasa muda disurvei dalam penelitian tersebut. Mereka diberi pertanyaan tentang karakteristik yang paling dilihat dalam pasangan mereka. Karakteristik tersebut adalah kecerdasan, mudah bergaul, kebaikan, dan daya tarik fisik.

Kemudian, mereka ditanyakan mengenai apabila pasangan mereka memiliki kecerdasan yang membuatnya menjadi lebih pintar dari manusia kebanyakan, paling tidak hingga 99 persen populasi. Pertanyaan tersebut juga ditanyakan untuk tiga ciri kepribadian lainnya.

Dari studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa terlalu cerdas dan mudah bergaul bukanlah karakteristik yang paling dicari. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merasa tidak aman

Para peneliti tersebut mengacu pada studi yang dilakukan sebelumnya. Dalam studi tersebut disimpulkan bahwa pasangan yang sangat cerdas bisa menyebabkan rasa tidak aman yang lebih tinggi pada pasangannya.

Hal tersebut membuat mereka jadi merasa tidak terlalu tertarik akan orang tersebut.

Selain itu, terlalu mudah bergaul atau terlalu santai juga menunjukkan kurangnya ambisi atau kepercayaan diri.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa wanita lebih menghargai kebaikan dan kecerdasan dari seorang pria. Namun perbedaannya secara rendah secara keseluruhan.

Adapun, penelitian ini dipublikasikan di British Journal of Psychology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.