Sukses

Ribuan Bakteri Tumbuh di Ikan Hasil Tangkapan yang Tak Segera Didinginkan

Liputan6.com, Jakarta Ikan yang habis ditangkap harus segera didinginkan. Hal ini bertujuan mencegah terjadinya pertumbuhan koloni bakteri. Jika ikan tidak segera didinginkan, ribuan koloni bakteri bisa tumbuh dalam waktu beberapa jam saja.

Dalam acara diskusi publik di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) Hasanuddin Yasni menjelaskan, adanya kontrol terhadap suhu, tidak hanya memonitor perkembangan mikroba (bakteri), tapi juga zat kimiawi.

"Enggak cuma memonitor mikroba, tapi juga memantau perkembangan zat kimiawi, seperti kadar asam lemak tinggi dan enzim yang bisa merusak sel jaringan tubuh ikan," ucap Hasanuddin, ditulis Jumat (12/10/2018).

Penyimpanan ikan pada suhu 10-60 derajat celcius sangat berbahaya. Produk olahan yang disimpan pada suhu 13-17 derajat celcius pun berbahaya.

Pada ikan dan seluruh produk makanan tersebut dalam waktu 4 jam, bakteri bisa tumbuh 4.000 koloni. Artinya, dalam 2 jam saja akan tumbuh 7 juta koloni bakteri. Salah satu bakteri, yakni salmonella. Untuk itu, kita harus tetap mempertahankan kesegaran ikan dan olahannya.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

 Simak video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Teknologi kontrol temperatur

Suhu aman penyimpanan produk olahan 14-18 derajat celcius. Demi meningkatkan kesegaran ikan dan terhindar dari bakteri yang muncul, sebuah inovasi tengah digalakkan.

"Tahap kedepannya, ada inovasi yang berfokus untuk meningkatkan sistem distribusi ikan yang paling besar. Ada namanya kontrol temperatur. Begit ikan ditangkap segera didinginkan pada suhu 8 deajat celcius," Hasanuddin menambahkan.

Kalau ikan didiamkan saja bisa tumbuh 400.000 koloni bakteri. Kontrol temperatur juga berlaku saat mengemas atau ikan sudah dalam bentuk olahan

Artikel Selanjutnya
Masyarakat Palu Tak Perlu Khawatir Makan Ikan, Asal...
Artikel Selanjutnya
Rajin Makan Ikan, Menstruasi Jadi Tak Menyakitkan