Sukses

8 Keuntungan Ibu Hamil Santap Buah Naga

Liputan6.com, Jakarta Pamor buah naga merangkak naik dan menjadi salah satu pencuci mulut favorit banyak orang. Selain menyegarkan, buah naga juga memiliki kandungan yang baik, termasuk untuk ibu hamil.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat ibu hamil mengonsumsi buah naga.

1. Menjaga tekanan darah dan gula darah stabil

Mengonsumsi buah naga mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

2. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

3. Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Mengonsumsi buah naga dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

4. Menambah tenaga dan kekuatan

Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, sebab dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 - 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

5. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

6. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral-mineral juga terdapat pada buah naga, yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

3 dari 3 halaman

7. Memperlancar pencernaan

Buah naga untuk ibu hamil mampu untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

8. Membantu  pertumbuhan janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting, yakni membantu perkembangan janin. Bayi pun dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

 

Penulis: Sugiono

Sumber: Dream.co.id

Artikel Selanjutnya
6 Bahaya bila Ibu Hamil Kelelahan
Artikel Selanjutnya
Tips Memilih Busana Nyaman Saat Hamil