Sukses

Perbaiki Kehidupan Seksual dengan 6 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Beberapa kondisi menyebabkan seseorang terganggu kehidupan seksualnya. Seperti kehilangan estrogen setelah menopause pada wanita, ataupun pembesaran prostat untuk pria.

Dalam kasus lain, penyakit kronis mungkin menjadi penyebab kehidupan seksual terganggu. Beberapa di antaranya seperi tekanan darah tinggi, depresi, dan penyakit saraf. Pengobatan untuk semua itu bisa mempengaruhi fungsi seksualnya.

Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan kehidupan seksual Anda. Yang paling mudah tentu saja perubahan gaya hidup.

"Dalam banyak kasus, perubahan gaya hidup adalah semua yang dibutuhkan," ujar Dr. Jan Shifren, penulis Harvard Special Health Report Sexuality in Midlife and Beyond.

Mengutip laman Harvard Health Publishing berikut ini beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk perbaiki kehidupan seksual Anda.

1. Berhenti merokok

Merokok berkontribusi pada penyakit vaskular di seluruh tubuh. Hal ini bisa menurunkan aliran darah ke penis, klitoris, dan jaringan vagina. Berhenti merokok juga bisa menunda menopause selama beberapa tahun.

2. Olahraga

Olahraga mampu memperkuat hati Anda. Ini jelas meningkatkan aliran darah ke organ seks. Paling tidak lakukan 150 menit aktivitas dengan intensitas sedang per minggu, seperti jalan cepat.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

2 dari 2 halaman

Mengendalikan Berat Badan

3. Kendalikan berat badan

"Ketika orang merasa nyaman dengan tubuh mereka, sering mereka merasa lebih nyaman dengan keintiman," kata Shifren. Penurunan berat badan juga bisa mengurangi tekanan darah dan mencegah diabetes yang menjadi salah satu penyebab disfungsi ereksi.

4. Bangun hubungan Anda

"Pasangan yang bersenang-senang di luar kamar tidur lebih senang di kamar tidur," kata Shifren. Dia menyarankan, berikan waktu berkualitas bersama pasangan seperti menghabiskan malam bersama atau melakukan sesuatu yang penuh petualangan.

5. Batasi alkohol

Asupan alkohol moderat terbatas pada wanita adalah satu gelas per hari dan satu atau dua gelas per hari pada pria. Lebih dari itu, bisa mempengaruhi kemampuan untuk menghasilkan dan mempertahankan ereksi, mengganggu tidur, dan meningkatkan risiko mengembangkan kanker.

6. Carilah bantuan medis

Jika tidak ada yang bisa membantu mengembalikan kehidupan seksual Anda menjadi lebih baik, mungkin saatnya intervensi medis. Pergilah ke bantuan medis untuk mengobati masalah yang mendasarinya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kehidupan Seks Tak Selaras dengan Pasangan? Lakukan 6 Hal Ini
Artikel Selanjutnya
Posisi Seks Terbaik Saat Nyeri Haid