Sukses

Asian Games 2018 Telan Biaya Rp 23,9 Triliun

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Purwanto SK Msc, mengatakan dana yang dialokasikan untuk Asian Games 2018 adalah Rp 23,9 triliun.

Dana sebesar itu sudah digelontorkan sejak 2015 meliputi pembangunan prasarana dan sarana, infrastruktur, pembinaan para atlet, dan penyelenggaraan Asian Games 2018 itu sendiri.

"Pembangunan prasarana dan sarana serta infrastruktur Rp 13,6 triliun, pembinaan atlet Rp 2,1 triliun, dan untuk penyelenggaraan sendiri Rp 8,1 triliun," kata Purwanto.

Hal ini Purwanto sampaikan di hadapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Syarifuddin, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto, dan Pejabat TNI dan Polri.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

Sudah termasuk bonus atlet

Akan tersebut sudah termasuk bonus yang diberikan untuk peraih medali emas, perak, perunggu, bahkan atlet yang belum berhasil meraih juara di Asian Games 2018.

"Dan bonus tersebut tidak dipotong pajak. Pajak ditanggung pemerintah," kata Purwanto. 

Pada kesempatan itu, Puan membenarkan persiapan Asian Games 2018 sudah dimulai sejak tiga tahun lalu. Pemerintah mulai melakukan pembenahan dan perbaikan Stadion Gelora Bung Karno serta Wisma Atlet, juga mengirim para atlet yang akan bertanding untuk mengikuti tryout di dalam dan luar negeri.

"Yang tadinya pesimis hanya menargetkan 16 medali, tidak tahunya bisa lebih dan membuat Indonesia berada di 10 besar atau di posisi nomor empat," kata Puan.